fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Minggu, 28 Mei 2017  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Mengenai situs ini :

Situs fisik@net dibuka secara resmi pada tanggal 17 Agustus 2000. Ide awal situs berasal dari Dr. L.T. Handoko (LIPI), sekaligus sebagai perintis awal dimulainya situs. Ide dan motivasi awal dimulainya situs adalah :

  1. Adanya peningkatan aktifitas online komunitas fisika global jauh melewati komunitas lainnya. Bahkan untuk beberapa sub-bidang fisika yang terkait dengan teoritik, hampir semua aktifitas ilmiah telah dilakukan secara online penuh. Sehingga bila fenomena ini tidak segera diantisipasi akan semakin memperlebar kesenjangan aktifitas ilmiah di Indonesia dan dunia luar.
  2. Rendahnya aktifitas ilmiah fisika Indonesia ditinjau dari standar global. Hal mana secara tidak langsung tercermin dari rendahnya kontribusi komunitas fisika terhadap kemajuan bangsa di segala bidang.
  3. Dilain pihak sarana internet menjanjikan kemungkinan dilakukannya terobosan baru untuk memecahkan masalah internal komunitas fisika guna meningkatkan aktifitas dan kontribusinya terhadap masyarakat.

Berdasarkan motivasi awal diatas, ditetapkan tujuan utama situs, yaitu :

  1. Memanfaatkan sarana internet secara optimal sebagai alat untuk meningkatkan aktifitas ilmiah komunitas fisika Indonesia.
  2. Memberikan tempat untuk referensi online dari aneka hal terkait dengan ilmu fisika dalam Bahasa Indonesia.
  3. Yang dimaksud dengan referensi online adalah dibatasi pada informasi ilmiah terkait dengan substansi serta kegiatan ilmiah di bidang fisika, tetapi tidak termasuk diskusi ilmiah. Oleh karenanya, situs ini tidak menyediakan ruang untuk diskusi terbuka maupun penyajian komentar seperti layaknya blog.
  4. Menjadikan situs ini sebagai perintis aktifitas online komunitas fisika Indonesia secara nyata dan bisa langsung dirasakan manfaatnya.

Sesuai dengan kondisi nyata komunitas fisika serta kecenderungan global, situs ini dikelola secara swadaya serta non-komersial. Meski untuk itu jelas tetap diperlukan infrastruktur minimal guna mempertahankan kelangsungan hidup situs. Sampai sejauh ini, situs didukung secara penuh oleh HNet untuk aspek teknis. Untuk menekan aneka biaya (langsung maupun tidak langsung), sejak awal situs ini didesain dengan sistem otomatis dan online penuh. Sampai sejauh ini proses otomatisasi telah berhasil diimplementasikan di hampir 90 persen proses, kecuali untuk jurnal yang hanya meliputi 60 persen karena karakteristiknya yang berbeda. Sebagai referensi, sistem yang dipakai di situs ini mengacu pada standar yang telah diaplikasikan dengan berhasil di arXiv.

Perlu dipahami bahwa semua cita-cita diatas tidaklah bisa direalisasikan dalam waktu singkat. Sejak awal dimulainya situs, telah diprediksikan bahwa semua sarana yang disediakan akan berjalan penuh setelah paling cepat 2 tahun, terutama untuk jurnal online. Ini terutama disebabkan oleh proses sosialisasi sistem online penuh yang merupakan hal baru (untuk komunitas global sekalipun). Terlebih di Indonesia penetrasi internet masih rendah meski untuk kalangan akademis, ditambah dengan kendala budaya sains yang masih perlu banyak didorong. Untuk itu kami mengusahakan sistem ini mudah dimengerti dan dipakai oleh semua pengunjung dengan segala tingkatan yang berbeda. Bagi yang belum pernah memanfaatkan sistem semacam ini dan ingin mengetahui posisi penerbitan online secara global (terutama untuk komunitas fisika) bisa membaca artikel P. Ginsparg di 1996 UNESCO Conference.

Sesuai dengan semangat diatas, situs difokuskan sebagai sumber penyedia dan arsip "informasi ilmiah terkait fisika" untuk "komunitas fisika" Indonesia, dan bukan penyedia informasi populer terkait fisika untuk umum. Meski informasi populer dalam jumlah terbatas tetap disediakan seperti bisa ditemui di halaman ARTIKEL dan FENOMENA.

Diharapkan kelak situs ini bisa menjadi milik serta dikelola bersama oleh komunitas ilmiah fisika Indonesia. Bila saat ini masih banyak kekurangan kami mohon maaf, dan terima-kasih atas dukungan Anda semua.


Terhitung sejak tanggal 1 Januari 2002, sarana ini secara bertahap mulai ditransformasi menjadi salah satu media utama Himpunan Fisika Indonesia (HFI). Dengan ini diharapkan penanganan sarana ini bisa berkesinambungan serta semakin profesional.

Ttd. Pengurus Pusat HFI


Setelah sekian lama terus dikelola dan berkembang isinya, semakin dirasa berat untuk mengelola situs secara keseluruhan hanya oleh satu organisasi. Khususnya beban semakin dirasakan berat untuk pengelolaan jurnal online yang terus berkembang dengan pesat. Untuk itu, dengan mengambil momentum keberhasilan sistem jurnal online sebagai pemenang pada APICTA Indonesia 2003, bagian jurnal online dipisahkan pengelolaannya ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Diharapkan dengan fasilitas yang ada pada LIPI, jurnal ini akan lebih berkembang dan sistem yang sama bisa dimanfaatkan oleh seluruh komunitas ilmiah Indonesia. Alamat URL untuk jurnal online ini menjadi :

http://www.jurnal.lipi.go.id


Terhitung sejak tanggal 23 Agustus 2004, sarana ini telah dipindahkan seluruhnya ke web-server LIPI yang diletakkan di NOC Indosat Mega Media (IM2). Ini merupakan konsekuensi dari kerjasama antara LIPI dan penyedia jasa internet IM2. Sarana ini memanfaatkan infrastruktur yang disediakan oleh LIPI untuk repositori data ilmiah lokal dan global di ARSIP LIPI.

Dalam kerjasama ini IM2 memberikan bantuan berupa collocation untuk 2 (dua) buah web-server LIPI. Dilain pihak LIPI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada publik berbasis teknologi informasi.


Terhitung sejak 1 Januari 2010, seluruh layanan di ARSIP LIPI dikelola dan disediakan sepenuhnya oleh LIPI tanpa bantuan dari penyedia jasa jaringan.

Dilain pihak, substansi dan konten diserahkan pengelolaannya ke Grup Fisikawan Teoritik Indonesia (GFTI).


revisi terakhir : 22 Januari 2012

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI