• PESAN DAN TANGGAPAN :

    Peluang Kerjasama Lembaga Riset Indonesia dengan Kroasia
    Oleh : Antara
    Minggu, 18 Mei 2008 (11:19 WIB) dari IP 125.160.102.94

    London (ANTARA News) - Peluang kerjasama lembaga riset Indonesia dengan Kroasia semakin terbuka luas saat Duta Besar (Dubes) RI di negeri kawasan Balkan tersebut, Mangasi Sihombing, mengadakan kunjungan kerja ke Ruder Boskovic Institute Zagreb, Kroasia.

    Dihadapan para pakar fisika Kroasia, Sihombing yang Dubes RI untuk Republik Hungary, Kroatia, Bosnia Herzegovina dan Republik Macedonia menyampaikan keinginan kerjasama riset di antara lembaga riset Indonesia dengan lembaga riset Kroasia.

    Sekretaris Pertama Penerangan Sosial dan Kebudayaan Kedutaan Besar RI (Pensosbud KBRI) Budapest, Arena Sri Victoria, kepada ANTARA News mengatakan bahwa Direktur Jenderal Ruder Boskovic Institute, Prof. Dr. Mladen Zinic, berkenan menerima langsung Dubes Mangasi Sihombing beserta staf disela-sela kesibukannya dalam acara Open Days of Institute.

    Arena Sri Victoria mengatakan bahwa kerjasama riset dan pendidikan lainnya semakin terbuka dengan hadirnya State Secretary dari Kementerian Ilmu Pengetahuan, Pendidikan, dan Olah Raga Kroasia Drazen Vikic Topic, yang menyampaikan bahwa Pemerintah Krosia mendukung diadakannya kerjasama riset antara kedua negara.

    Dengan didampingi oleh lima tenaga ahli riset, Prof. Dr. Mladen Zinic menjelaskan mengenai kegiatan yang dilakukan di Ruder Boskovic Institute yang merupakan pusat riset pengetahuan dasar terbesar di Kroasia.

    Institut tersebut mencakup Pusat Riset Kelautan, Pusat Informatika dan Komputer, dan Pusat Riset Nuklir Resonansi Magnetik.

    Prof Dr Mladen Zinic mengatakan, lembaga yang dipimpinnya ini telah berkolaborasi dan memiliki kerjasama dengan lembaga riset di sejumlah negara di Eropa dan Amerika Serikat.

    Sebelum mengakhiri kunjungan, Dubes Mangasi Sihombing dan staf berkesempatan untuk melihat langsung laboratorium yang ada diantaranya laboratorium nuklir dan laboratorium experimental physics dengan penjelasan langsung dari ahlinya. (*)

    Sumber : Antara (27/04/08 05:22)


  • fisik@net (ISSN 2086-5325) http://www.fisikanet.lipi.go.id

    revisi terakhir : 18 Mei 2008