• PESAN DAN TANGGAPAN :

    PENDIDIKAN : Dikmenti Jadikan 2005 Sebagai Tahun Heboh Sains
    Oleh : Media Indonesia
    Minggu, 20 Februari 2005 (14:04 WIB) dari IP 61.94.120.176

    Media Indonesia (12 Februari 2005)

    JAKARTA--MIOL: Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) Provinsi DKI Jakarta akan menjadikan tahun 2005 sebagai tahun 'Heboh Sains'.

    Hal itu berkaitan dengan ditunjuknya Provinsi DKI Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2005 yang berlangsung pada bulan September mendatang.

    "Untuk menjadikan sains sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, masyarakat khususnya masyarakat kota Jakarta dan sekitarnya, maka kegiatan yang berbau sains akan kita selenggarakan di berbagai tempat, " kata Kasubdis SMA Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) DKI Jakarta, Thaher Husen, Jumat.

    Menurut dia, untuk menyukseskan kegiatan 'heboh sains' tersebut, Dinas Dikmenti DKI telah menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan seperti pelaku usaha, profesional dan mitra kerja lainnya. Pada tahap awal Dinas Dikmenti DKI telah menjalin kerjasama dengan Lembaga Pengembangan Fisika Indonesia (LPFI) yang diketuai oleh Prof Yohanes Surya untuk pembinaan pelajaran fisika bagi kalangan pelajar SMA di propinsi DKI.

    Terkait dengan persiapan kegiatan pelatihan dan penjurian OSN 2005, Thaher telah mengundang 20 doktor di bidang sains dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

    Para pakar di bidang sains tersebut, antara lain Dr Subadri Abdul kadir, Dr Joko Sulistio, Dr Elizabeth Wijaya, Dr Beth Paul Naiola, Dr Felik Mesak, Dr Jane Solungbudi, Dr Philips Gunawidjaya, Dr Monika Ruharti, Dr Siti Amini, Dr Diah Intani dan Dr Tutun Nugraha.

    "Meskipun pelaksanaan olimpiade baru akan berlangsung menjelang akhir tahun yakni September 2005 namun sebagai tuan rumah DKI Jakarta ingin melaksanakan persiapan matang agar mampu meraih prestasi terbaik seperti yang pernah diraih pada OSN ke 2 tahun 2003 di Balikpapan Kalimantan Timur, " ujarnya.

    Dia mengemukakan, kita tidak ingin gaung Olimpiade Sains Nasional V 2005 mendatang hanya terjadi selama berlangsungnya penyelenggaraan. Namun demikian, menjelang hari-hari pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional V tersebut gaung itu harus terus dikumandangkan. Bahkan, kita ingin OSN 2005 benar-benar heboh," jelasnya.

    Bagi Provinsi DKI Jakarta, kata Kasubdis SMA, persiapan untuk menjadi tuan rumah berbagai penyelenggaraan, termasuk penyelenggaraan olimpiade sains nasional, tingkat asia maupun internasional sudah siap. Sebab, pemerintah DKI Jakarta sebagai barometer dari provinsi-provinsi lain mau tidak mau harus mampu memberi contoh yang baik.

    Untuk itu, jelasnya, sebelum penyelenggaraan mungkin mulai awal tahun 2005, pemerintah DKI Jakarta, khususnya Dinas Dikmenti dan Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas) akan membuat sejumlah kegiatan yang merupakan rangkaian kegiatan keilmuan. Misalnya, lomba-lomba antar pelajar se-DKI Jakarta yang muaranya pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional IV.

    Karena itu, tambahnya, patisipasi semua pihak, antara lain sekolah, guru, siswa, orangtua dan masyarakat harus didorong untuk mendukung penyelenggaraan lomba kemampuan otak tersebut.

    (Ant/Ol-1)


  • fisik@net (ISSN 2086-5325) http://www.fisikanet.lipi.go.id

    revisi terakhir : 20 Februari 2005