• PESAN DAN TANGGAPAN :

    Kolaborasi 4 Perguruan Tinggi : Sambut 50 Tahun Pendidikan Fisika Teknik
    Oleh : Jawa Pos
    Sabtu, 3 Januari 2004 (21:23 WIB) dari IP 202.159.34.129

    Jawa Pos (13 Okt 2003)

    SURABAYA - Menyambut 50 tahun Pendidikan Fisika Teknik di Indonesia, empat perguruan tinggi berkolaborasi menggelar berbagai kegiatan. Kegiatan yang akan dilangsungkan 14-18 Oktober 2003 di Surabaya itu merupakan upaya Teknik Fisika untuk meningkatkan perannya di bidang medik.

    Empat perguruan tinggi yang terlibat tersebut adalah ITB, ITS, Universitas Nasional (Unas) dan UGM. Kali ini ITS sebagai tuan rumah.

    Menurut Rektor ITS Dr Ir Muhammad Nuh, masyarakat kita saat ini cenderung untuk memilih berobat keluar negeri daripada di negeri sendiri. "Mereka beranggapan peralatan di sana lebih canggih," ujarnya, kemarin.

    Jika melihat hal itu maka persoalannya adalah masyarakat masih belum mempercayai kualitas instrumen medik yang ada di tanah air.

    Hal itu dibenarkan Dr Ir Sekartedja, Msc, ketua panitia. Menurut dia, pelayanan kesehatan menyangkut banyak aspek, salah satunya berkaitan dengan instrumentasi medik. "Peralatan medik sangat diperlukan, sebab menentukan kualitas pelayanan kesehatan," tuturnya.

    Untuk pengembangkannya, kata Sekartedja, tidak dapat lepas dari peranan ahli teknik. "Untuk itu perlu ada kerja sama antara ahli teknik dan ahli medis," jelasnya.

    Karena itu, Teknik Fisika sebagai penyelenggara pendidikan instrumentasi medik berupaya untuk mengatasi problem tersebut. Langkah yang diambil adalah dengan membangun kemitraan dengan para dokter, masyarakat industri serta lembaga pelayanan kesehatan. Upaya itu dilakukan dengan menggelar acara seminar ilmiah nasional, workshop, dan pameran produk-produk instrumen medik.

    Melalui acara ini diharapkan terbangun network antara ahli teknik dan ahli medis. Sehingga kedua dunia yang selama ini berjalan sendiri-sendiri itu dapat bersatu. "Dengan terbangun network, kami bisa saling melengkapi dan menginspirsi," tandas Nuh. (iin)


    Re: Kolaborasi 4 Perguruan Tinggi : Sambut 50 Tahun Pendidikan Fisika Teknik
    Oleh : Estyani Indraningsih
    Senin, 9 Februari 2004 (23:51 WIB) dari IP 202.152.250.38

    memang peralatan kesehatan di indinesia masih sangat minim.usaha-usaha untuk mencipta alat tersebut haruslah segera dimulai agar biaya pengobatan menjadi lebih murah sehingga kesehatan bermutu dapat menjangkau hingga masyarakat kecil di indonesia.kesadaran untuk menyelidiki gejala sakit pun terlampau rendah sehingga pasien langsung mengetahui setelah stadium tinggi sehingga duiperlukan suatu alat canggih yang murah yang mendorong murahnya biaya pengobatan.


    Re: Kolaborasi 4 Perguruan Tinggi : Sambut 50 Tahun Pendidikan Fisika Teknik
    Oleh : Budi sulaksono
    Rabu, 11 Februari 2004 (07:22 WIB) dari IP 203.130.235.140

    hehe....ok deh pak tejo,kita bersyukurlah dengan anugerah allah swt dan semoga berhasil, dan saya siap jadi mitra.
    salam kenal buat penulis....

    08154066924


    Re: Kolaborasi 4 Perguruan Tinggi : Sambut 50 Tahun Pendidikan Fisika Teknik
    Oleh : Abdul Hakim
    Minggu, 15 Februari 2004 (02:28 WIB) dari IP 80.247.150.36

    Yang dibutuhkan bukan sekedar IPTEK nya saja, namun perlu kerjasama dengan beberapa pihak yang bersedia menyuplai dana yang tentu saja tidak sedikit.


    Re: Kolaborasi 4 Perguruan Tinggi : Sambut 50 Tahun Pendidikan Fisika Teknik
    Oleh : Muhammad ery wijaya (fisika teknik ugm)
    Sabtu, 6 Maret 2004 (23:37 WIB) dari IP 80.247.150.36

    saat ini kebutuhan akan teknologi instrumen semakin meningkat terutama dalam bidang medis. Maka sudah saatnya Fisika teknik unjuk kemampuan karena selama ini sering dipandang sebagai bidang yang tanpa arah dan tujuan yang jelas. Viva fisika teknik


  • fisik@net (ISSN 2086-5325) http://www.fisikanet.lipi.go.id

    revisi terakhir : 6 Maret 2004