fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Sabtu, 19 Januari 2019  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi dana :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi dana
» Tulis pesan baru di forum informasi dana

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    Sayembara Ilmiah Herman Johannes Award 2003
    Oleh : Edi Tri Astuti
    Selasa, 6 Januari 2004 (07:47 WIB) dari IP 202.159.34.214

    Memasuki tutup tahun 2003 kalangan ilmuwan dan penemu bidang teknologi. khususnya bidang Energi Tak Terbarukan di Indonesia memperoleh kesempatan berharga guna mengikuti sayembara Penghargaan Tahunan Herman Johannes Award 2003 yang diselenggarakan oleh Katgama - Keluarga Alumni Fak-Teknik Universitas Gadjah Mada. Sayembara Herman Johannes Award berhadiah penghargaan berupa:
    Uang tunai 50 juta dan medali emas bergambar Prof. Dr. Ir Herman Johannes disamping piagam penghargaan pemenang.

    Almarhum Prof. Herman Johannes adalah salah seorang ilmuwan ahli terkemuka bidang energi Fakutas Teknik UGM Jogyakarta. Beliau dipandang sebagai ilmuwan yang semasa hidupnya sangat aktif melakukan karya penelitian dan seorang yang konsisten dalam pengabdian selaku akademisi. Prof. Johannes pernah pula menyandang jabatan tinggi a.l : Rektor UGM, Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik, dll.
    Dengan teladan dan inspirasi prestasi Herman Johannes, maka Katgama bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada lalu mengadakan sayembara Penghargaan Herman Johannes Award 2003 yang direncanakan berlangsung secara tahunan. Lomba diharapkan akan memicu temuan dari penelitian bidang Energi Tak Terbarukan yang memenuhi persyaratan inovatif, solusi kreatif, serta asas manfaat bagi masyarakat luas. Dewan juri diketuai oleh Dr.Ir. Budhi Mulyawan dan Ir. Heru Dewanto MSc Eng sebagai Sekretaris yang keduanya adalah akademisi UGM. Anggota juri lainnya, a.l: Prof. Ir. Johan Silas (ITS), Prof.Ir. Eko Budihardjo M.Arch (Undip), Dr.Ir. Bambang Setiadi (BPPT), dan beberapa ilmuwan terkemuka lainnya.

    Sayembara terbuka bagi seluruh masyarakat. Pengajuan calon bisa dilakukan sendiri atau pun dicalonkan pihak lain. Setiap pencalonan mesti disertai data dan dokumen lengkap. Batas akhir pemasukan tgl 15 Januari 2004.

    Alamat Sekretariat:
    Jl. Birah I no.7 - Kebayoran Baru
    Jakarta Selatan 12180
    Tel: (021) 72791540, 72791560, Fax: (021) 72791550.
    E-mail: arya_dea@hotmail.com

    Pihak penyandang gagasan sayembara menilai saat ini terjadi kemandekan dan krisis yang gawat dalam upaya menemukan inovasi dan solusi kreatif -baik pada kalangan ilmuwan / penemu maupun pada kalangan masyarakat umum- yang justru amat dibutuhkan guna menghadapi situasi krisis ekonomi yang masih menghantui saat ini. Menurut prakiraan para ahli Indonesia diambang masa mengalami krisis energi pada hitungan dekade mendatang, baik berupa kriris kelangkaan BBM mau pun kekurangan pasokan listrik nasional.
    Ajang lomba berkompetisi dalam inovasi temuan bidang ''Teknologi dan Energi Tak Terbarukan'' ini merupakan kesempatan langka yang amat berharga guna menyikapi krisis dan mencari solusi kreatif. Dengan upaya seperti ini diharapkan dapat menggugah semangat berkarya bagi kalangan ilmuwan dan penemu untuk menghasilkan temuan yang bermutu. Di tanah air masih terbilang amat langka penghargaan ilmiah yang prestisius semacam Nobel di dunia internasional yang pelaksanaannya telah berlangsung sejak 1901. Gagasan yang didorong pihak UGM dan alumni FT-UGM guna mengabadikan nama tokoh ilmuwan dalam ajang sayembara tahunan yang sesuai adalah ide yang amat bagus. Sebaik ide penghargaan tahunan atas tokoh ilmiah teladan nasional seperti yang telah diselenggarakan Habibie Center. Penyelenggaraan penghargaan ilmiah seperti ini selayaknya dapat berlangsung setiap tahun sehingga mampu menjadi katalis tersendiri guna membangkitkan semangat berkarya bagi kalangan ilmuwan nasional.


    Re: Sayembara Ilmiah Herman Johannes Award 2003
    Oleh : Soejono
    Minggu, 11 Januari 2004 (05:52 WIB) dari IP 202.159.34.116

    Sekedar tambahan :

    Prof Johanes alm adalah guru besar di Jurusan Fisika MIPA UGM. Meski awalnya berlatar belakang teknik, sejatinya beliau lebih dikenal sebagai semior fisikawan di tanah air...


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2019 LIPI