fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 22 Maret 2019  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi berita :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi berita
» Tulis pesan baru di forum informasi berita

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    Kolaborasi OPERA: Neutrino merambat lebih cepat dari cahaya
    Oleh : Haryo Sumowidagdo
    Senin, 26 September 2011 (06:20 WIB) dari IP 180.252.107.80

    Masih hangat dari dapur analisis sebuah kolaborasi:

    Kolaborasi OPERA, sebuah eksperimen yang mempelajari berkas neutrino yang dikirimkan dari CERN ke Laboratorium Gran Sasso di Italia, hari ini mengumumkan bahwa mereka telah melihat tanda-tanda bahwa neutrino merambat lebih cepat dari kecepatan cahaya. Tingkat keyakinan hasil
    pengukuran ini adalah enam-sigma.

    Hasil resmi akan dipresentasikan dalam sebuah seminar khusus di CERN besok (Jum'at, 23 September), demikian pula preprint akan tersedia di arxiv besok.

    Google news keyword 'neutrino OPERA'.

    Kalangan fisika partikel sendiri pada umumnya masih meragukan hasil ini, dan pendapat yang umum adalah ada sebuah faktor kesalahan sistematik yang belum dimasukkan dalam analisis data. Namun tentu langkah yang benar adalah kita bersama-sama melihat dan memeriksa kembali hasil mereka.

    Extraordinary claim requires extraordinary evidence, and of course extraordinary scrutiny!


    Haryo


    Re: Kolaborasi OPERA: Neutrino merambat lebih cepat dari cahaya
    Oleh : Haryo Sumowidagdo
    Rabu, 28 September 2011 (07:35 WIB) dari IP 180.252.100.109

    Update:

    Dalam seminar di CERN hari ini, OPERA menyatakan bahwa mereka sudah melihat fenomena ini cukup lama. Mereka juga telah menghabiskan enam bulan terakhir mengecek ulang dan mengecek ulang dan mengecek ulang berbagai kemungkinan faktor-faktor kesalahan dalam analisis data mereka, namun belum berhasil menemukannya. Dalam seminar ini OPERA meminta bantuan dari komunitas fisika, baik teori maupun eksperimen, untuk mengkaji dan mengecek ulang hasil ini.

    - Teori: Bagaimana menjelaskan fenomena serupa dari segi teori? Apakah invariansi Lorentz dan relativitas khusus berarti tidak berlaku?
    - Eksperimen: Apa aspek-aspek eksperimen yang mungkin menjadi sumber kesalahan dalam analisis data. Mereka sudah mengecek banyak sekali aspek, namun siapa tahu masih ada yang kelupaan.

    Preprint dari OPERA sendiri sudah tersedia, 1109.4897. Komunitas fisika sendiri kelihatannya saat ini sepakat bahwa ini merupakan sebuah puzzle (teka-teki), namun belum ada yang bisa memberikan penjelasan baik dari segi teori maupun eksperimen. Eksperimen neutrino MINOS di Fermilab dan T2K di Jepang akan mencoba melakukan
    analisis serupa untuk mengecek ulang. Pesan dari peristiwa ini jelas:
    Inilah sains yang sebenarnya di garis terdepan. Ada sesuatu gejala/fenomena baru yang tak terjelaskan, dan tidak ada seorangpun tahu jawabannya. Entah ini sebuah kesalahan analisis data atau penemuan baru, tidak ada yang tahu pasti sekarang.

    Abstract dari preprint OPERA saya lampirkan dibawah. Silakan diunduh, dan kalau tertarik, dipikirkan baik dari segi teori atau eksperimen. Boleh disampaikan dan didiskusikan di kuliah (Saya pribadi memohon), agar generasi muda mendapat contoh nyata hasil sains dari garis
    terdepan, dan bukan hanya dari buku teks.

    ===============
    Measurement of the neutrino velocity with the OPERA detector in the CNGS beam

    The OPERA Collaboraton: T. Adam, N. Agafonova, A. Aleksandrov, O. Altinok, P. Alvarez Sanchez, S. Aoki, A. Ariga, T. Ariga, D. Autiero, A. Badertscher, A. Ben Dhahbi, A. Bertolin, C. Bozza, T. Brugiére, F. Brunet, G. Brunetti, S. Buontempo, F. Cavanna, A. Cazes, L. Chaussard, M. Chernyavskiy, V. Chiarella, A. Chukanov, G. Colosimo, M. Crespi, N. D'Ambrosios, Y. Déclais, P. del Amo Sanchez, G. De Lellis, M. De Serio, F. Di Capua, F. Cavanna, A. Di Crescenzo, D. Di Ferdinando, N. Di Marco, S. Dmitrievsky, M. Dracos, D. Duchesneau, S. Dusini, J.
    Ebert, I. Eftimiopolous, O. Egorov, A. Ereditato, L.S. Esposito, J. Favier, T. Ferber, R.A. Fini, T. Fukuda, A. Garfagnini, G. Giacomelli, C. Girerd, M. Giorgini, M. Giovannozzi, J. Goldberga, C. Göllnitz, L. Goncharova, Y. Gornushkin, et al. (117 additional authors not shown)

    (Submitted on 22 Sep 2011)

    The OPERA neutrino experiment at the underground Gran Sasso Laboratory has measured the velocity of neutrinos from the CERN CNGS beam over a baseline of about 730 km with much higher accuracy than previous studies conducted with accelerator neutrinos. The measurement is based on high-statistics data taken by OPERA in the years 2009, 2010 and 2011. Dedicated upgrades of the CNGS timing system and of the OPERA detector, as well as a high precision geodesy campaign for the measurement of the neutrino baseline, allowed reaching comparable systematic and statistical accuracies. An early arrival time of CNGS
    muon neutrinos with respect to the one computed assuming the speed of light in vacuum of (60.7 \pm 6.9 (stat.) \pm 7.4 (sys.)) ns was measured. This anomaly corresponds to a relative difference of the muon neutrino velocity with respect to the speed of light (v-c)/c = (2.48 \pm 0.28 (stat.) \pm 0.30 (sys.)) \times 10-5.

    Subjects: High Energy Physics - Experiment (hep-ex)
    Cite as: arXiv:1109.4897v1 [hep-ex]
    http://arxiv.org/abs/1109.4897


    Re: Kolaborasi OPERA: Neutrino merambat lebih cepat dari cahaya
    Oleh : Haryo Sumowidagdo
    Sabtu, 1 Oktober 2011 (08:24 WIB) dari IP 180.252.120.187

    Rekaman video seminar (1 jam presentasi dan 1 jam tanya jawab), serta slide presentasi sekarang sudah tersedia di:

    http://indico.cern.ch/conferenceDisplay.py?confId=155620


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2019 LIPI