fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Minggu, 17 November 2019  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi berita :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi berita
» Tulis pesan baru di forum informasi berita

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    Ahli Geologi Dunia Ingatkan Pentingnya Peringatan Dini Tsunami
    Oleh : Taufik Manan
    Rabu, 29 Desember 2004 (19:18 WIB) dari IP 202.153.239.110

    28 Desember 2004 8:36:00

    Ahli Geologi Dunia Ingatkan Pentingnya Peringatan Dini Tsunami

    New York-RoL-- Ahli-ahli geologi dari berbagai negara di dunia berpendapat, jumlah korban bencana gempa bumi dan tsunami hari Ahad lalu sebenarnya bisa dikurangi jika negara-negara di kawasan Samudra Hindia memiliki sistem jaringan komunikasi untuk peringatan dini seperti yang ada di kawasan Samudra Pasifik.


    "Meskipun perjalanan tsunami dari pusat gempa ke pantai terdekat di Sumatera hanya dalam hitungan menit, namun jika kawasan Samudra Hindia punya sistem peringatan dini seperti di Pasifik, maka masih ada waktu untuk melakukan evakuasi," kata Dr. Tad Murthy, ahli geologi dari Universitas Manitoba, Winipeg, seperti dikutip The New York Times, Senin.

    Murty yang berasal dari India tersebut mengatakan, bencana tsunami bukan hal baru di kawasan Samudra Hindia.Pada tahun 1945 bencana tersebut menewaskan ratusan orang di Bombay, kemudian lebih jauh lagi pada tahun 1762 gelombang pasang air laut akibat gempa teknonik itu juga menyerang kawasan yang sekarang sebagai Bangladesh.


    Dengan meningkatnya jumlah penduduk di kawasan pantai Samudra Hindia, maka seharusnya sistem peringatan dini sudah ada sejak lama.

    Sebenarnya para ahli sudah mengingatkan perlunya suatu sistem komunikasi peringatan dini gempa bumi. Pada pertemuan Komisi Oseanografi Internasional, salah satu badan di bawah PBB, diungkapkan bahwa Samudra Hindia sangat rawan dengan gempa di dasar laut yang menyebabkan tsunami sehingga harus ada suatu "warning network".


    Namun India, Thailand, Malaysia dan negara-negara di kawasan itu tampaknya melihat masalah ini sebagai masalah kawasan Pasifik, katanya.

    Murthy juga mengatakan, setiap gempa di bawah laut dengan kekuatan lebih dari 6.5 skala richter akan menimbulkan gelombang pada permukaan laut, dan itu sudah merupakan peringatan dini.


    Setelah gempa terdeteksi, gelombang laut sebagai akibatnya bisa diperkirakan. Misalnya di India. Perjalanan gelombang pasang dari pusat gempa sekitar empat jam. "Itu waktu yang cukup untuk memberi peringatan," katanya.

    Sementara itu Dr George D. Curtis, ahli tsunami dari Universitas Hawaii mengatakan upaya untuk memberikan peringatan dini atas terjadinya tsunami sudah dilakukan di Hawaii pada 1920. Ketika itu begitu ahli geologis mendeteksi adanya getaran, maka ia langsung memberi tahu petugas pelabuhan agar mereka segera memindahkan kapal-kapal.


    Pentingnya sistem tersebut makin terasa ketika sebuah gempa teknonik di Pulau Aleutian, Alaska, menyebabkan gelombang pasang yang menyerang Hawaii dan menewaskan 150 orang.

    Pada 1948, AS membentuk Pacific Tsunami Warning Center, yang memiliki jaringan data internasional, sementara jaringan peringatan ( Warning Network ) dibentuk pada 1956.


    Sementara itu Dr. Laura SL Kong, ahli seismologi dan Direktur International Tsunami Information Center, suatu badan dibawah PBB, mengungkapkan bahwa sebenarnya dalam 15 menit setelah gempa teknonik terjadi di dekat Sumatera, pusat pemantauan Pasifik di Honolulu melacak adanya gerakan gelombang yang luar biasa dan segera mengirim peringatan ke 26 negara di kawasan sekitar Pasifik, termasuk Indonesia dan Thailand.

    "Namun tidak ada jalan untuk menyampaikan informasi itu dengan cepat ke negara-negara atau masyarakat di lautan jauh," katanya.


    Informasi melalui telpon dengan cepat dilakukan ke negara-negara kawasan Samudra Hindia, katanya, namun tidak bisa secepat dibanding jika sudah ada sistem persiapan darurat untuk masalah ini di kawasan tersebut.

    "Di luar pasifik hal ini tidak terlalu sering terjadi, jadi tantangannya adalah bagaimanan membuat rakyat dan pejabat pemerintahannya lebih waspada," katanya.


    Pentingnya membangun sistem peringatan dini di kawasan Samudra Hindia tersebut juga dikemukakan oleh Salvano Briceno, Direktur Strategi Internasional untuk penanggulanan Bencana Alam (ISDR) di sekretariatnya di Jenewa.

    "Pelajaran penting dari bencana kali ini adalah bagaimana pentingnya suatu sistem peringatan dini untuk mengurangi dampak korban jiwa," katanya dalam pernyataan yang disiarkan melalui markas PBB di New York, Senin.


    Suatu peringatan dini, katanya, bisa menghasilkan jarak (evakuasi) yang bisa ditempuh, dan jarak itu juga berarti suatu penentu antara mati dan hidup. ant/fif


    --------------------------------------------------------------------------------

    Berita ini dikirim melalui Republika Online http://www.republika.co.id


    Re: Ahli Geologi Dunia Ingatkan Pentingnya Peringatan Dini Tsunami
    Oleh : Nova
    Rabu, 29 Desember 2004 (19:19 WIB) dari IP 202.153.239.110

    Halo semua,

    Sebagaimana yang sudah saya informasikan via milis SAINS POPULER, dalam rangka menyambut tahun 2005 sebagai Tahun Fisika yang dicanangkan oleh PBB/UNESCO, bagaimana kalau pada kesempatan pertama yang dibahas adalah GEMPA & TSUNAMI ditinjau dari ilmu fisika.

    Kami bersedia mendukung rangkaian diskusi-diskusi sepanjang tahun ini dengan bahan-bahan pustaka yang relevan dari berbagai penerbit ternama lainnya.

    Terima kasih dan mohon tanggapan.

    Salam,
    NOVA SLP
    THE CRITIQUE / PT. AKSARA UTAMA SELARAS
    Library & Bookshop
    JL. H. NAJIHUN NO. 6, RADIO DALAM
    GANDARIA UTARA, KEBAYORAN BARU
    JAKARTA SELATAN 12140
    INDONESIA
    TEL/FAX: +62 21 739-3685
    EMAIL: bargainbookshops@yahoo.com


    Visualisasi Tsunami di Aceh dan sekitarnya
    Oleh : Mohammad Syukur
    Jumat, 31 Desember 2004 (06:20 WIB) dari IP 202.153.239.91

    Web site visualisasi tsunami sbb.

    http://staff.aist.go.jp/kenji.satake/animation.gif


    Re: Ahli Geologi Dunia Ingatkan Pentingnya Peringatan Dini Tsunami
    Oleh : Rukman
    Selasa, 4 Januari 2005 (19:41 WIB) dari IP 202.159.126.68

    ada juga di:

    http://www.ppk.itb.ac.id/aceh/simulasi_tsunami_aceh.htm

    oleh
    Hamzah Latief, dkk
    Tsunami Research Group
    ITB, Bandung


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2019 LIPI