fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Senin, 18 November 2019  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi berita :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi berita
» Tulis pesan baru di forum informasi berita

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    9 Siswa Ikut Olimpiade Internasional
    Oleh : Republika
    Minggu, 18 Juli 2004 (08:16 WIB) dari IP 202.153.239.24

    Laporan : bur

    Sembilan siswa yang akan mengikuti olimpiade fisika dan olimpiade kimia dilepas oleh Direktur Pendidikan Menengah Umum Depdiknas, Zamroni di Jakarta, Rabu (14/7). Mereka terdiri atas 5 siswa yang akan mengikuti Olimpiade Fisika Internasional ke-35 di Pohang, Korea dan 4 siswa yang akan mengikuti Olimpiade Kimia Internasional ke-36 di Kiel, Jerman.



    Olimpiade fisika berlangsung pada 15 - 23 Juli 2004, sedangkan olimpiade kimia dari 18 - 27 Juli 2004. Lima siswa yang menjadi Tim Olimpiade Fisika Indonesia adalah Yudistira Virgus dan Ali Sucipto (SMA Xaverius 1 Palembang), Ardiansyah (SMA Plus Riau), Edbert Jarvis (SMAK BPK Penabur 1 Jakarta), dan Andika Putra (SMA Sutomoo 1 Medan). Empat siswa yang Tim Olimpiade Kimia Indonesia terdiri atas Nurbudiyanto (SMAN 1 Bogor), Albert (SMAN 78 Jakarta), Jenice Alethea Deceline (SMAK Karunia Jakarta), dan Lisendra Marbelia (SMAN 3 Yogyakarta).


    Siswa yang mengikuti olimpiade fisika telah melalui seleksi yang ketat dari berbagai tahapan, mulai tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, sampai tingkat nasional. Hasil seleksi tingkat nasional dipilih 30 siswa untuk dibina selama sebulan. Dari sini, diperoleh 10 siswa untuk dibina secsra intensif selama 7 bulan. Dari pembinaan itu, dipilih delapan siswa untuk dipersiapkan mengikuti olimpiade tingkat Asia dan internasinal. Tahapan serupa dilakukan kepada siswa yang mengikuti olimpiade kimia.



    Beasiswa Bagi Peraih Medali Emas Olimpiade Sains



    Sampoerna Foundation (SF) akan memberikan beasiswa kuliah di universitas-universitas terkemuka di luar negeri bagi dua pemenang medali emas pada Olimpiade Sains Internasional yang berlangsung mulai Juli sampai September 2004 di lima kota di dunia. Direktur Operasional SF, Elan Merdy, mengemukakan, penyaluran beasiswa bagi pemenang olimpiade itu diberikan sebab mereka ikut mengharumkan nama bangsa Indonesia dan merupakan komitmen SF dalam memajukan pendidikan bagi generasi muda.


    Dalam Olimpiade Sains Internasional 2004, Indonesia mengirim 23 peserta dari tingkat SMA untuk mengikuti lomba sains bidang studi matematika, fisika, kimia, biologi dan informatika. SF, kata Elan, hanya menyediakan beasiswa bagi dua pemenang medali emas. Jika ternyata jumlah pemenang medali emas lebih dari yang ditetapkan, maka dilakukan seleksi lanjutan sampai terpilih kandidat terbaik. Begitu pula jika tidak ada peserta yang membawa pulang medali emas, beasiswa tetap akan diberikan bagi peserta yang mendapat medali perak, perunggu atau yang mendapat predikat terbaik dalam hal teori/penelitian.



    ''Seleksi tetap akan dilakukan jika jumlah pemenang lebih dari dua untuk mendapat dua kandidat terbaik,'' tegasnya. Menurut dia, siswa SMA yang berhasil mendapat beasiswa itu akan diberi kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang SI untuk bidang studi ekonomi, teknik, atau ilmu terapan di universitas mana saja yang telah ditunjuk SF seperti di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia. Seluruh biaya yang mencakup pesawat, visa dan fiskal, biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan sampai biaya akademik lainnya selama maksimal empat tahun ditanggung oleh SF. Beasiswa ini diberikan untuk tahun akademik 2005/2006. ''Setelah lulus, mereka harus kembali dan bekerja di Indonesia minimal untuk masa kerja lima tahun,'' katanya. n


    Gedung ATMI Cikarang Diresmikan

    Gedung Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) Cikarang, Bekasi, diresmikan penggunaannya, Kamis (15/7). Peresmian kampus yang terletak di Jl Kampus Hijau Kav 3 Education Park Cikarang ini dihadiri sejumlah pejabat, pengusaha, dan profesional. Pembukaan kampus ATMI di Cikarang, sebagai pengembangan dari ATMI Solo. Direktur ATMI Cikarang, J Casutt, SJ dalam siaran persnya menjelaskan, perguruan tinggi ini mengutamakan praktik dengan porsi 70 persen dan teori 30 persen. Pertama kali didirikan di Solo, Jawa Tengah, 1968, lulusan perguruan tinggi ini sudah bekerja di berbagai sektor industri yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan sampai di luar negeri. ''Berbekal pengalaman lebih dari 35 tahun serta tingginya kebutuhan tenaga ahli luklusan ATMI yang diminati oleh para pelaku industri manufaktur, maka ATMI Cikarang dibuka,'' tuturnya.


    Re: 9 Siswa Ikut Olimpiade Internasional
    Oleh : Tegar
    Rabu, 11 Agustus 2004 (11:12 WIB) dari IP 155.69.5.235

    Harusnya Sampurna jangan membatasi jumlah beasiswa bagi pemenang emas. Kalau begitu,itu sama saja tidak menghargai jerih payah siswanya. Lagipula,jika Sampurna tidak membatasi jumlah beasiswa yang diberikan,maka siswa akan lebih termotivasi untuk memperoleh medali emas. Namun,saya cukup salut dengan Sampurna. Ayo perusahaan nasional yang lain,apakah anda peduli dengan bangsa sendiri. Tunjukan apresiasi dengan memberikan kesempatan beasiswa lebih luas


    Re: 9 Siswa Ikut Olimpiade Internasional
    Oleh : Michael (siswa smun 1 matauli)
    Rabu, 15 Desember 2004 (16:31 WIB) dari IP 203.130.207.193

    selamat buat siswa yang telah terpilih! buatlah yang terbaik bagi bangsa dan negara. ngomong2 saya mau nanya nih ke bapak akbar tanjung, kenapa sih matauli kok fasilitasnya semakin menurun? saya sebagai siswa merasa kurang nyaman. hal ini juga mempengaruhi prestasi siswa. apa in karena masalah dana? terima kasih!


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2019 LIPI