fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Senin, 18 November 2019  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi berita :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi berita
» Tulis pesan baru di forum informasi berita

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    Ucapan Terimakasih untuk seleksi International Junior Science Olympiad (IJSO) 2004
    Oleh : Masno Ginting
    Minggu, 1 Februari 2004 (05:32 WIB) dari IP 202.159.34.227

    Rekan-rekan anggota HFI, Yth.

    Proses seleksi/perekrutan team Indonesia untuk International Junior Science
    Olympiad (IJSO) telah terlaksana dengan baik berkat bantuan dan kerjasama
    yang baik dari HFI Cabang di beberapa daerah. Untuk itu kami menyampaikan
    ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua anggota HFI yang
    telah menyediakan waktu dan tenaganya untuk berkunjung ke salah satu
    propinsi dan beberapa Kabupaten diseluruh Indonesia. Demikian juga kami
    mengucapkan banyak terimakasih kepada semua rekan-rekan di HFI Cabang yang
    telah memberikan bantuannya untuk mensuskeskan acara perekrutan tersebut.

    Disamping itu, kami juga perlu menyampaikan bahwa effect positif lainnya
    dari proses perekrutan IJSO tersebut, bahwa di beberapa daerah telah timbul
    keinginan untuk mendirikan HFI Cabang. Bahkan di TIMIKA (papua) dan
    Kalsel sudah terbentuk pengurus HFI. Dalam waktu dekat, sekretaris kita
    akan menyampaikan nama-nama susunan pengurus HFI Cabang Timika dan Kalsel.

    Kita berharap, dalam waktu dekat HFI akan mempunyai cabang di setiap
    propinsi. Dengan demikian setiap kegiatan HFI dapat terkoordinasi dengan
    lebih baik lagi.

    Kami juga tidak lupa mengucapkan selamat bergabung di HFI kepada
    rekan-rekan yang baru saja mendaftarkan diri menjadi anggota HFI.
    Partisipasi dan sumbangan pemikiran dari rekan-rekan semua sangat kita
    harapkan untuk kiranya dapat membuat HFI semakin bermanfaat bagi sesama
    kita anggota HFI serta bagi Bangsa dan Negara.


    Salam,


    Research Prof. Masno Ginting M.Sc, Ph.D.
    * Chairman of Indonesian Physical Society (HFI)
    * Member Of National Research Council (DRN)
    * Member Research Council Expert of Indonesian Institute of Sciences
    (MAP - LIPI )
    * Chairman of the First IJSO, Jakarta December 2004. www.ijso-smp.org
    Address :
    Komplek Puspiptek Blok II H no 13, Serpong-Indonesia.
    Tel : 62-21-7560212 ext 5453


    Re: Ucapan Terimakasih untuk seleksi International Junior Science Olympiad (IJSO) 2004
    Oleh : Frida U. Ermawati
    Minggu, 1 Februari 2004 (05:33 WIB) dari IP 202.159.34.227

    Yth. The Chairman of the First IJSO, Jakarta December 2004.

    Kali ini perkenankan kami dari HFI Cab. Surabaya untuk menyampaikan beberapa usulan sbg. tindak lanjut dari kegiatan seleksi awal IJSO 2004 yg baru saja lewat.

    Seperti halnya di daerah-daerah lainnya di seluruh Indonesia, maka kegiatan IJSO 2004 telah juga usai dilaksanakan di wilayah Jawa Timur. Detail berita pelaksanaan seleksi dan data-2 lain yg terekam dari sana telah pula disampaikan kemari oleh Petugas HFI Pusat yg datang ke wilayah kami (Dr. Budhy Kurniawan). Meski mungkin usulan ini hanya duplikasi dgn berita yg sudah disampaian oleh P. Budhy tsb, tapi via milis ini sekali lagi ijinkan kami untuk menyampaikan sendiri usulan2 tsb. scr. terbuka. Dengan harapan agar usulan2 ini dpt didengar oleh khalayak ramai & kemudian ditindaklanjuti oleh yg berwenang, serta menjadi pengalaman untuk y.a.d.

    Pertama,
    Saat seleksi berlangsung, telah diberitakan kepada para peserta & orang tua serta pihak sekolah bahwa informasi hasil seleksi IJSO 2004 akan dikhabarkan kepada ke-30 peserta terbaik se Indonesia yg dinyatakan lolos seleksi. Pertanyaannya: bagaimana dengan ribuan sisa peserta lainnya yg tidak tergolong pada 30 peserta terbaik tsb? apakah kepada mereka tidak ada pemberitahuan sama sekali?? Usulan dari lapangan: meski hanya selembar fax (atau radiogram/teknik komunikasi lainnya yg ada) yg dijatuhkan ke kantor Dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota saja, yg mengabarkan ttg. peringkat masing-masing peserta di wilayah Kabupaten/Kota tsb, maka khabar semacam itu sudah sangat berarti bagi mereka. Dengan mengetahui peringkat anak2 didiknya, maka masing-masing sekolah akan makin terpacu untuk lebih menyiapkan diri guna mengongsong kegiatan2 sejenis y.a.d. Terlebih, bila anak2 didik mereka tergolong dlm peringkat menengah (misalnya), pasti khabar tsb sungguh membanggakan bagi mereka.

    Akan lebih dihargai lagi apabila pihak penyelenggara pusat juga menyertakan kunci jawaban atas naskah soal seleksi tsb. pada fax tsb.

    Kedua,
    Mohon sudah dipastikan sejak dini bahwa surat dari Diknas Pusat kepada Dinas Prop. dan utamanya kepada Dinas2 di wilayah Kabupaten/Kota sudah sampai ke alamat yg dituju sebelum kegiatan seleksi tsb. berlangsung. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa (e.g. wilayah Kota Kediri) s.d. hari Selasa, 27 Jan 2004 yll, ketika petugas HFI Cab. Sby datang ke lokasi ternyata surat dari Diknas Pusat tsb sama sekali belum ada, sehingga dapat dibayangkan betapa pontang-pantingnya semua elemen yg terlibat & yg ada di sana dlm rangka merealisasikan amanah tugas dari The Chairman of the IJSO 2004 ini. Terlebih, perlu juga saya informasikan bahwa saat ini adlh saat liburan bagi sekolah2 di wilayah Jatim, sehingga mencari siswa dlm jumlah yg cukup banyak (baca: seratus!) dlm hitungan waktu kurang dari 24 jam, sungguh merupakan pekerjaan yg sangat berat.

    Fakta dari kegiatan seleksi di Kota Surabaya kemarin juga mengungkapkan, gara2 saat seleksi tsb diadakan adlh saat liburan bagi para siswa di Surabaya, maka hanya sedikit siswa yg dapat berpartisipasi (silahkan crosscheck dgn P Budhy untuk jumlah nominalnya), bahkan hanya sekolah lokasi saja (sekolah negeri, maksudnya) yang dpt mengirimkan siswa2nya.

    Ketiga,
    Soal petunjuk teknis seleksi IJSO 2004 yg harus dikhabarkan oleh pihak lokal kepada para peserta seleksi (e.g. penggunaan pensil 2B saat ujian), mohon sudah diberitahukan sejak dini, bersamaan dengan surat dari Diknas Pusat tsb di atas . Fakta di lapangan menunjukkan bahwa (e.g. di wilayah Kab. Mojokerto) gara-gara pihak lokal tidak tahu bahwa pensil 2B adlh mutlak diperlukan, maka ujian terpaksa harus molor beberapa jam, gara2 para orang tua/pengantar kerepotan mencari pensil 2B tsb buat anak2 mereka. Perlu diketahui bahwa lokasi ujian terletak +/- 8 km jauhnya dari keramaian dengan transportasi seadanya. Akibatnya, satu pensil & satu karet hapus yg ada terpaksa dipotong jadi 3!
    Khabar dari kota Kediri lebih menyedihkan, yakni bahwa petugas Cab. Surabaya yg terjun ke sana terpaksa harus merogoh kocek sendiri hingga ratusan ribu Rp untuk membelikan ATK tsb, dll. (meski pada akhirnya pengeluaran tsb diganti oleh P. Budhy), gara-gara khabar dari Diknas Pusat ke Dinas Pendidikan Kota Kediri memang belum ada saat ujian harus berlangsung, spt yg telah saya sampaikan di atas. Konon khabarnya, kab. Madiun dan /atau Blitar juga punya "cerita menarik". Yang tahu persis yaa P. Budhy, selaku koordinator kami.

    Keempat,
    Sebagaimana layaknya sebuah ujian, maka lembar berita acara adalah mutlak harus ada. Nah, mohon lain kali agar form untuk berita acara disertakan juga, sehingga hal-hal yg terjadi ketika ujian berlangsung dapat dilaporkan secara formal dan detail.

    Kelima,
    Sekedar pertanyaan: alasan/pertimbangan apa yg mendasari dipilihnya beberapa kabupaten/kota di tiap propinsi sbg sampel seleksi IJSO 2004 ini, dan bukan semua kabupaten/kota yg ada di wilayah propinsi tsb?? Data di lapangan menyebutkan bahwa mutu sekolah (baca: kualitas siswa) di Kota Mojokerto (yg tidak diikutkan dlm seleksi yll) rata-rata jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan hal yg sama di kabupaten Mojokerto (yg diikutkan dlm seleksi yll). Dengan demikian (mungkin) niatan pihak penyelenggara pusat untuk menjaring tunas-tunas bangsa yg betul-betul potensial mungkin menjadi kurang dapat tercapai dengan baik.

    Keenam,
    Soal honorarium petugas/penyelenggara di lokasi ujian.

    Terus terang, dengan hanya berbekal selembar surat dari Diknas Pusat kepada pihak kabupaten/kota yg isinya tidak dengan jelas menyebutkan (scr detail) apa saja yg menjadi hak mereka dan apa saja yg menjadi kewajiban pihak Panitia Pusat IJSO 2004, cukup merepotkan kami, saat kami berbicara soal HR dgn mereka. Yang ada pada benak mereka adlh. bahwa kegiatan ini adalah PROYEK, dan proyek itu identik dengan uang. So, dengan kedatangan kami ke lapangan berarti kami ini dianggap membawa segebok uang buat penyelenggaraan seleksi di lokasi tsb. Nah, mohon penjelasan yg sejujur-jujurnya dari The Chairman.

    Ketujuh,
    Telah dikatakan di email terdahulu bahwa 10ari HR kami telah dipotong untuk kas HFI Pusat. That's OK. Dan spt telah dikatakan oleh P Budhy kpd. kami bahwa potongan lainnya sebesar 5= Rp. 515.000,00) adlh menjadi hak HFI Cab. Jadi, sekedar klarifikasi saja: apakah ini berarti bahwa uang HFI Cab. Surabaya sebesar tsb di atas saat ini sedang berada di Bendahara HFI Pusat? Sejak kapan uang itu dapat diambil?? Info ttg. No. Rekening kami, insya alloh akan kami khabarkan kemari lewat japri saja :-)

    To sum up,
    Rekomendasi kami: agar kegiatan IJSO 2004 ini (atau kegiatan2 sejenis lainnya y.a.d) dapat lebih berhasil dan berdaya guna, mohon tingkat kualitas dari konsolidasi dan koordinasi diantara pihak2 yg terkait lebih ditingkatkan.

    Demikian berita/usulan/pertanyaan panjang lebar dari HFI Cab. Surabaya ttg. pelaksanaan seleksi awal IJSO 2004 yg baru lewat. Kurang lebihnya mohon maaf.

    Salam,

    Sekretaris Umum HFI Cab. Surabaya
    Frida U. Ermawati.


    Re: Ucapan Terimakasih untuk seleksi International Junior Science Olympiad (IJSO) 2004
    Oleh : Rosalia a.
    Minggu, 15 Februari 2004 (02:34 WIB) dari IP 202.43.173.10

    Saya salah satu peserta seleksi IJSO & saya ingin tanya, bgmana pengumuman 30 peserta yg masuk???? Kapan pengumumannya n masa yg tidak masuk tidak diberitahu?


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2019 LIPI