fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 22 November 2019  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi berita :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi berita
» Tulis pesan baru di forum informasi berita

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    Grogi dan Cemas : Sembilan Siswa DKI Ikut MIPA Nasional
    Oleh : Jawa Pos (10 Sept 2003)
    Minggu, 11 Januari 2004 (05:09 WIB) dari IP 202.159.34.116

    SENAYAN - Grogi dan cemas. Itulah bayangan Stefani Herlie, siswi kelas tiga SMP 236 Jaktim, finalis lomba Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) tingkat nasional. Meski lombanya baru digelar 15-18 September di Balikpapan Kaltim, ABG berambut lurus ini sudah membayangkan dirinya akan grogi saat lomba nanti.

    Sebabnya, dara cantik yang mewakili bidang fisika itu akan beradu otak dengan 261 peserta dari seluruh Indonesia. "Bagi saya ini pertama kali sebagai finalis tingkat nasional. Jadi rasa takut tetap ada," katanya.

    Tapi, menurut pemenang lomba bahasa Inggeris 2001 dan MIPA se Kota Madya 2002 ini, ia akan memberikan yang terbaik bagi DKI Jakarta. "Saya akan berusaha untuk menang. " ujar mantan pemenang lomba bahasa Inggris tingkat Kecamatan 2002.

    DKI Jakarta dalam lomba ini mengikutkan 8 wakilnya. Selain Stefani, juga ada Reymond Christoper dari SLTPS K4 Penabur Jakut, Gabriella Roxanne Kosasih SLTPS Ipeka Puri Indah Jakbar, dan Farah Irhamni SLTPS Islam Al Azhar 4 Jaksel. Ketiganya bidang matematika.

    Di bidang biologi, ada Gabriella Grace SLTP 115 Jaksel, Stephanie Senna SLTPS Ipeka Tomang Jakbar, dan Alfia SLTP 102 Jaktim. Terakhir, bidang fisika, muncul nama Calvin Magnus SLTPS IPK Tomang Jakbar, dan Pradiptar Arya Baskoro SLTPS Islam Al Azhar 1 Jaksel.

    Direktur Pendidikan Lanjutan Pertama (PLP) Dikdasmen Depdiknas Hamid Muhammad kepada wartawan di gedung Depdiknas Selasa (9/9) siang menjelaskan, lomba MIPA nasional ini bertujuan memberikan dan membekali siswa-siswi SLTP dan MTs negeri dan swasta.

    "Salah satu pembekalan itu yakni untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir sistematis, kreatif, dan inovatif sebagai bekal kebutuhan sehari-hari," katanya. Juga membangkitkan kecintaan terhadap bidang MIPA.

    Menurut Hamid, sebelum menempuh tahap nasional, sembilan finalis DKI itu sudah melampaui tiga tahap. Pertama, tingkat sekolah yang mengirim tiga siswa terbaiknya untuk bidang Matematika, Fisika, dan Biologi.

    Kemudian tingkat kabupaten/kota yang diikuti 359 kabupaten atau 25.450 sekolah SLTP. Selanjutnya tingkat propinsi yang mengirimkan sembilan siswa pilihan.

    "Tingkat ini merupakan ajang seleksi peserta olimpiade sains tingkat nasional yang akan digelar di Balikpapan," ujar Hamid.

    Pada kesempatan itu hadir memdapingi Hamid, adalah Pimpro Pengembangan Sistem dan Standar Pengelolaan SLTP Induk Jakarta 2003 Jan Binsar M SH MPd dan Kasubdit Kerjasama Antar Lembaga Didi Suhardi SH Msi. (aro)


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2019 LIPI