fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 22 November 2019  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi berita :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi berita
» Tulis pesan baru di forum informasi berita

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    Mengajar Perlu Inovasi
    Oleh : Jawa Pos (7 Apr 2003)
    Minggu, 11 Januari 2004 (05:01 WIB) dari IP 202.159.34.116



    SURABAYA - Metode mengajar untuk mata pelajaran IPA termasuk salah satu yang sulit disesuaikan dengan kurikulum kompetensi. Perlu banyak inovasi teknik mengajar yang lebih mengarahkan kompetensi siswa. Itulah yang terungkap dalam seminar guru mata pelajaran Fisika SLTP dan SMU se-Jatim di kampus Unesa, kemarin.

    Prof Dr Muhammad Nur, yang tampil sebagai salah satu pembicara menawarkan inovasi Contextual Teaching And Learning (CTL). Yakni suatu konsepsi yang membantu guru mengaitkan konten mata pelajaran dengan situasi dunia nyata. "Selain itu juga memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

    Strategi pengajaran yang sesuai dengan CTL adalah pembelajaran berbasis inquiri, pengajaran autentik, pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis kerja. Sedikitnya ada enam unsur CTL yakni pembelajaran bermakna, penerapan pengetahuan, berfikir tingkat lebih tinggi, kurikulum standar, responsif terhadap budaya dan penilaian autentik.

    Dalam menerapkan CTL harus menekankan pada pemecahan masalah. Sehingga diantara siswa tercipta suasana belajar bersama untuk memecahkan masalah tersebut. "Permasalahan bisa dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa," papar Nur. Misalnya, cara memindahkan barang dengan katrol, yang langsung bisa dikaitkan dengan pelajaran fisika.

    Semantar itu, Kepala Seksi Kurikulum Dinas P dan K Provinsi Jatim Drs H Moh. Chairul Anam M.Ed yang juga menjadi pembicara mejelaskan bahwa sesulit apapun yang dihadapi guru, pembelajaran berbasis kompetensi sudah menjadi pilihan terbik dari sekian banyak pilihan kurikulm. Untuk itu satu-satunya syarat bagi guru adalah melakukan pendalaman materi secara penuh. "Kuncinya guru harus tahu betul seluk beluk materi yang diberikan," ungkpnya. (tom)



  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2019 LIPI