fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 22 November 2019  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi berita :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi berita
» Tulis pesan baru di forum informasi berita

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    Dari Lomba MIPA SD Se-Kabupaten Jember
    Oleh : Jawa Pos (26 Mei 2003)
    Minggu, 11 Januari 2004 (04:57 WIB) dari IP 202.159.34.116

    Belajarnya dari Buku-Buku SLTP

    Luar biasa. Minat siswa-siswi SD se-Jember terhadap mata pelajaran MIPA (matematika dan IPA) di Jember, sangat menggembirakan. Buktinya, ketika SLTPN 3 Jember mengadakan Lomba MIPA pagi kemarin, sedikitnya 300 siswa ikut andil. Mereka bersaing ketat untuk masuk 10 besar.

    Eko Saputro, Jember

    RATUSAN siswa SD itu tampak serius mengerjakan soal-soal MIPA yang disodorkan panitia lomba. Dengan polosnya, siswa-siswi cilik itu duduk rapi di bangku yang disediakan panitia lomba yakni SLTP Negeri 3 Jember. Sesekali, anak SD kelas 6 itu mengernyitkan dahi, pertanda sedang berpikir keras. Perhatian mereka benar-benar dicurahkan untuk bisa memecahkan soal-soal ujian matematika (25 buah soal) dan IPA yang terdiri dari fisika serta biologi (50 soal).

    Selesai? Belum juga. Sekitar 300 siswa itu masih harus diuji melalui praktik langsung. Mereka, diharuskan keluar kelas untuk mengaplikasikan alat-alat laboratorium yang disediakan panitia di halaman sekolah. Di antaranya, insektarium, herbarium, tata surya, mengukur panjang dan luas ruangan, serta model soal lainnya.

    Di sini, peserta juga memfokuskan pikirannya untuk menjawab soal melalui alat-alat praktik. Mereka terlihat lugu dan lucu itu saat mengeluarkan seluruh kemampuan. Setelah itu, barulah semua peserta diperbolehkan istiharat sambil menunggu nilai.

    Alhasil, dari 300 peserta itu Panitia Lomba MIPA berhasil menjaring sepuluh siswa dengan nilai cukup tinggi. Dari sepuluh siswa itu, SD Al Furqon Jember berhasil menempatkan 3 wakilnya. Bahkan, salah satu wakilnya yaitu Risky Fitria Damayanti bertengger pada ranking teratas dengan nilai 89,33. Disusul Ryan M. Givari dari SD Sumbersari IV dengan nilai 85,33. Kemudian Alifiah Rosyidi dari Kepatihan XVI (nilai 84,00), dan Bagus W Suryo dari SD Muhammadiyah I (84,00). Mahendra juga dari SD Al Furqon Jember juga membuntuti dengan nilai 81,33.

    Kesepuluh siswa cerdas saat dimintai komentar oleh pihak panitia lomba menyatakan, resep mereka hanyalah belajar dan berdoa. Yang menarik, di antara sepuluh pemenang itu, juga ada yang sudah mencoba mempelajari buku-buku SLTP selain belajar dari buku-buku paket dan buku pendamping.

    "Tentang kesulitan yang dihadapi saat menjawab soal, delapan siswa menjawab soal IPA paling sulit. Hanya dua siswa yang berat dengan soal matematika," ungkap salah satu panitia.

    Sementara, Kepala Sekolah SLTP Negeri 3 Jember Drs Poniman kepada JPNN menyatakan, tujuan diadakan lomba itu adalah untuk menjaring minat belajar siswa akan ilmu alam dan matematika. "Kita ingin para siswa SD se-Jember bisa mengembangkan logika berpikir. Juga, membiasakan mereka menganalisa gejala alam dan persoalan lainnya," katanya.

    Sedangkan, Drs Sukirno dari Dinas Pendidikan Jember yang hadir dalam lomba itu menyatakan, lomba MIPA perlu terus diadakan. Selain bisa merangsang proses belajar siswa SD, juga bisa untuk persiapan tes masuk SLTP. "Sebab, untuk tahun ini siswa yang masuk SLTP memakai tes ujian tulis," katanya. (*)


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2019 LIPI