fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 22 November 2019  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi berita :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi berita
» Tulis pesan baru di forum informasi berita

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Yohanes Surya
    Rabu, 30 April 2003 (08:06 WIB) dari IP 202.159.34.6

    Tim Olimpiade Fisika Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia dalam Olimpiade Fisika Asia (OFA) ke-4 yang diadakan di Thailand 20-29 April 2003.

    Dalam olimpiade fisika yang sangat bergengsi ini, tim Indonesia meraih 6 medali emas dan 2 honorable mention sekaligus meraih gelar juara umum. Juara kedua diraih oleh Taiwan dengan 4 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu. Tim Australia yang datang sebagai tim tamu hanya mampu meraih 2 perak 5 perunggu dan 1 honorable mention.

    Siswa-siswa Indonesia yang meraih medali emas adalah: Widagdo Setiawan (SMUN 1 Denpasar), Rangga Perdana Budoyo (SMU Taruna Nusantara Magelang), Bernard Ricardo (SMU Regina Pacis Bogor), Yudistira Virgus (SMU Xaverius 1 Palembang), Triwiyono (SMUN 3 Yogyakarta) dan Hani Santosa (SMU Sedes Sapiente Semarang). Sedangkan Muhammad Attamimi (SMUN 5 Surabaya) dan Yendi (SMUN 3 Jambi) masing-masing meraih honorable mention.

    Disamping juara umum, Indonesia juga mendapatkan gelar the most creative solution in experiment (Rangga Budoyo). Sedangkan Widagdo meraih nilai tertinggi untuk teori (28,8 poin dari 30 poin) dan Bernard meraih nilai tertinggi untuk eksperimen (19 point dari 20 poin).

    Olimpiade Fisika Asia adalah pertandingan fisika antar pelajar terbaik di seluruh Asia. Dalam olimpiade yang dipertandingkan tiap tahun ini setiap pelajar diharuskan untuk menyelesaikan 3 soal fisika teori dalam waktu 5 jam dan 2 soal fisika eksperimen juga dalam waktu 5 jam. Medali emas diberikan pada mereka yang mampu meraih nilai minimal 90% dari rata-rata tiga nilai teratas. Sedangkan perak 78%, perunggu 65% dan honorable mention 50%.

    Indonesia sudah mengikuti OFA sejak dari mula berdiri (bahkan Indonesia adalah pionir dari OFA ini dan Yohanes Surya Ph.D. sekarang menjabat sebagai presiden OFA). Tahun 2000 dalam OFA-1 di Karawaci, Indonesia hanya meraih 1 perak dan 2 perunggu, dalam OFA-2 di Taiwan, Indonesia meraih 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Sedangkan dalam OFA-3 di Singapore Indonesia meraih 1 emas dan 5 perunggu. Jadi perolehan tahun ini merupakan perolehan yang sangat baik jika dibandingkan dengan perolehan tahun-tahun sebelumnya.

    Salah satu diadakannya OFA adalah sebagai arena uji coba para siswa yang akan bertanding dalam Olimpiade Fisika Internasional (OFI). OFI ke 34, tanggal 12-21 July 2003 akan diadakan di Taiwan. Diharapkan mereka yang telah meraih medali emas dalam OFA mampu meraih emas juga dalam OFI.

    Para siswa yang menjadi wakil Indonesia ini terpilih setelah melewati beberapa proses seleksi yang sangat ketat. Dimulai dari seleksi tingkat kabupaten, kemudian dilanjutkan ketingkat propinsi yang memilih beberapa siswa terbaik. Siswa terbaik ini diikutkan dalam lomba nasional di Bali Juli 2002. Dari lomba ini terpilih 30 siswa yang ditraining secara intensif selama 1 bulan. Dari hasil training ini dipilih 10 siswa terbaik yang mengikuti program training intensif selam 5 bulan penuh (dari bulan November hingga Maret). Dua minggu sebelum berangkat dipilih 8 orang yang mewakili Indonesia dalam OFA di Thailand ini. Nanti menjelang bulan juli 2003, akan ada seleksi lagi untuk memilih 5 siswa terbaik yang akan bertanding di Taiwan dalam OFI ke 34. Training fisika teori ditangani oleh Yohanes Surya Ph.D sedangkan untuk fisika eksperimen oleh Rachmat Widodo Adi Ph.D.

    Hasil yang dicapai oleh siswa Indonesia ini sangat menggembirakan. Hasil ini menunjukkan bahwa jika dipersiapkan dengan baik, siswa-siswa Indonesia tidak kalah dengan siswa-siswa negara lain. Hasil ini juga menunjukan bahwa siswa Indonesia mampu bekerja keras untuk meraih yang terbaik. Kita patut acungkan jempol pada siswa-siswa terbaik kita ini.

    Kita doakan agar pada bulan juli nanti siswa Indonesia mampu meraih emas dalam OFI di Taiwan. Jayalah bangsaku. Jayalah bangsa Indonesia.


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : HENDRA GUNAWAN TARIGAN
    Minggu, 19 Oktober 2003 (04:10 WIB) dari IP 202.51.230.148

    Hallo selamat ya buat duta Indonesia yang telah mengharumkan bangsa dan negara ini.Buat pengurus tolong ini dibina agar dapat berprestasi di OFI.Selamat berjuang rekan-rekan.


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Dianita S
    Minggu, 21 Desember 2003 (22:30 WIB) dari IP 61.94.222.205

    Aduuuuuuuuuhhhhhhhhh.........bangga deh punya temen kyk kalian,selamat,ya...moga2 dengan kemenangan yg kalian raih bisa membawa manfaat buat Indonesia,sekolah,keluarga dan khususnya kalian sendiri.Sekali lagi selamat n sukses,ya..........


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Aang k
    Sabtu, 27 Desember 2003 (03:01 WIB) dari IP 61.94.218.155

    selamat saya ucapkan buat abang-abang yang telahmengharumkan nama Indonesia di mata dunia


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Wijoyo
    Senin, 22 Maret 2004 (07:11 WIB) dari IP 203.130.199.96

    gua akan melanjutkan abang abang gua yang udah susah 2 mengharumkan nama bangsa mudah mudahan dengan peringkat 7 nasional test uji kelayakan fisika gua berharap bisa masuk tim olimpiade fisika indonesia


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Anthony_Yeeeee
    Rabu, 24 Maret 2004 (05:26 WIB) dari IP 202.159.27.158

    keren bangetttt!!!!! 3 soal 5 jam????Aku yakin soalnya sulit-sulit, dan aku salut ama orang yang bisa mengerjakannya, apalagi betul 90Teruslah belajar, tingkatkan kemampuan kalian ^_^


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Edi Tri Astuti
    Rabu, 24 Maret 2004 (19:58 WIB) dari IP 202.47.65.67

    Atas nama pribadi dan pengurus HFI Pusat kami mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih adik-adik kita di Olimpiade Fisika Asia ke-4. Mudah-mudahan dengan prestasi ini akan memacu prestasi yang lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang. Selamat pak Yo atas bimbingannya.


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Ompu
    Kamis, 25 Maret 2004 (02:12 WIB) dari IP 202.174.136.216

    biar juara dunia, negara tak terlalu memandang ... fisika dengan heheheh;;;;; malah yang begini ini tak terlalu bangga mereka kecuali kita .... apa yachhh korupse ,,,,, kalau fisika .... pilih fisika jalan terbaik tetapi ... jalan susah ..


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Yesi 'n uzie
    Sabtu, 27 Maret 2004 (00:53 WIB) dari IP 203.130.204.6

    selamat, dan yang pasti keren abiss. Kita juga jadi pengen ngikut, nih. Kasih tipsnya dong!


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : SangSakti
    Rabu, 14 April 2004 (11:07 WIB) dari IP 202.146.253.15

    Selamat ya atas prestasinya dan berjuang trus ya ! Jadinya kepengen ikut tolong kasih ya tipsnya


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Oleh : Outsider-Man
    Jumat, 16 April 2004 (09:23 WIB) dari IP 61.5.121.63

    Selamat atas keberhasilan Tim Olimpiade Indonesia Yang menduduki urutan ke-4 Se Asia Semoga dalam olimpiade berikutnya bisa menduduki urutan ke-3,2, atau 1


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : A.MomangYusuf
    Jumat, 14 Mei 2004 (06:40 WIB) dari IP 203.130.255.247

    Bravo buat pelajar yang berhasil mengharumkan nama bangsa kita. Prestasi ini sangat berarti bagi bangsa kita yang sekarang ini seperti telah kehilangan jati diri karena problem-problem politik, ekonomi, dll.
    Buat Pak Yo, sukses selalu. Aku jadi termotivasi untuk berupaya juga agar bisa memasyarakatkan fisika di negeri kita yang jauh dari pelosok sekalipun.


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Ferry
    Jumat, 14 Mei 2004 (22:43 WIB) dari IP 64.154.26.251

    Terima kasih saya ucapkan kepada para pembimbing Tim Fisika Indonesia shg Tim tsb bisa meraih prestasi yg terbaik di tingkat Asia. Saya sebenarnya salut sekali buat para pembimbing tim ini, spt pak Yohanes, pak Rahmat, dll. Ini dikarenakan bahwa mereka (pembimbing) tdk sia sia menyandang gelar Ph.D ,karena kebanyakan para teknokrat (penyandang Ph.D) hanya tinggal gelar saja yg melekat padanya dan hanya untuk prestise diri sendiri. Bukannya apa apa, sudah banyak para dosen atau ahli yg pake gelar Ph.D tapi pendidikan kita malah amburadul, yg ada difikiran mereka mungkin cuma bagaimana cara untuk mendapatkan proyek besar dan menjadi businessman saja, dan ini membuat saya sangat sedih sekali. Aturannya kan semakin banyak Ph.D maka pendidikan kita makin maju dan orang-orang akan semakin pinter. Dan semoga dng usaha+kerja keras dr pak Yohanes dan kawan-kawan akan menjadi tauladan bagi Ph.D yang lain. Juga kepada anggota Tim yg sudah memenangkan kejuaraan ini, saya ucapkan terima kasih dan semoga makin berjaya di tingkat dunia serta bisa jadi contoh bagi siswa-siswi lainnya.


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : I wayan Muliana
    Sabtu, 15 Mei 2004 (03:48 WIB) dari IP 202.65.239.6

    Selamaaaaat!!!!!!!
    semoga prestasimu menjadi inspirator dan motivator bagi pengambil keputusan di negeri ini! BRAVO TOFI!


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Mas Nur
    Rabu, 19 Mei 2004 (23:28 WIB) dari IP 202.159.37.46

    kebanggaan itu perlu dan lebih perlu jika Indonesia terus berprestasi,di fisika atau bidang ilmu yang lain. selamat & sukses INDONESIAKU


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Awakireng, purwokerto
    Kamis, 20 Mei 2004 (04:46 WIB) dari IP 61.14.47.2

    salut dan salut dan salut. ditengah terpuruknya nama indonesia di titik yang paling rendah,ternyata masih ada segelintir orang indonesia yang bisa mengangkat lagi ke atas nama negeri yg kita cintai ini. siapa lagi yang akan menyusul..........???


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Senidiu
    Jumat, 21 Mei 2004 (20:14 WIB) dari IP 202.169.224.253

    banggaaa bangeeet dech terhadap kalian yang menjadi juara maupun yang belum menjadi juaraaa!!!


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Senidiu,Temon KP
    Jumat, 21 Mei 2004 (20:16 WIB) dari IP 202.169.224.253

    siip dech kamu-kamu semua !!!!!!!!!!!!!1


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Candra,Ponorogo
    Selasa, 25 Mei 2004 (00:16 WIB) dari IP 202.249.26.62

    Selamat dan sukses TIM Olimpiade Fisika Indonesia Sebagai juara umum OFA.Teruslah berjuang dan tunjukkan bahwa pelajar Indonesia memang mampu.siiiiippppppppppppp........!!!!!!!!!


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Goti
    Senin, 14 Juni 2004 (05:16 WIB) dari IP 202.158.125.5

    gw mo deh jago fisika kya elo2 semua yang juara.caranya gimana see?


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Rena dhy_ray
    Selasa, 26 Oktober 2004 (16:23 WIB) dari IP 61.94.179.69

    waaaw hebat man, selamat ya!!tapi kok banyak cowok sih!! salam buat Yudistira(tofi). Hi gimana kabar temen2 alumni Olimpiade Sains Nasional III Pekanbaru!!! Salam rindu semua, see ya!!!


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Try Wahyudi (TRAY)*
    Kamis, 28 Oktober 2004 (13:55 WIB) dari IP 222.124.50.135

    1000 X Kuucapkan buat kalian
    SELAMAT MENCAPAI KESUKSESAN,INI KEMENANGAN BANGSA INDONESIA.Untuk itu Kami bangsa Indonesia mengharapkan tim TOFI lebih berjaya lagi (medali emas nambah bo')pada penyelenggaraan Olimpiade FISIKA selanjutnya. Saya angkat TOFI buat tim TOFI (Peserta OFA,Pak Y.Surya Ph.D,dan R.W.Adi Ph.D).tetapi INGATLAH wahai alumni TOFI jika kalian kuliah di luar negeri tetaplah mengambil fisika (sains or teknik)dan bangun dunia FISIKA (iptek)di Indonesia (Jng tinggal disana selama2nya),Kalian adalah aset besar yang dimiliki oleh bangsa ini.INGAT juga JNG AMBIL jur.lain (t.elektro or etc)spt senior2 TOFI yang sudah 2.Kalian besar via FISIKA dan kalian juga yang WAJIB membesarkan ilmu FISIKA.Untuk P'Yo dan P'Adi Sy menaruh harapan besar, kelak Indonesia akan melahirkan Yohanes Surya dan R.W.Adi lainnya (regenerasi).

    JAYALAH FISIKA, JAYALAH BANGSA INDONESIA

    *Mhs smstr akhir di jurusan FISIKA FMIPA Unila.
    Sekarang sedang melakukan penelitian di Puslitbang
    IPTEK BAHAN (P3IB-BATAN)Serpong,Tangerang dengan topik
    precipitasi logam AlMgsi (Aluminium Alloy).


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Try Wahyudi (TRAY)*
    Kamis, 28 Oktober 2004 (13:58 WIB) dari IP 222.124.50.135

    1000 X Kuucapkan buat kalian
    SELAMAT MENCAPAI KESUKSESAN,INI KEMENANGAN BANGSA INDONESIA.Untuk itu Kami bangsa Indonesia mengharapkan tim TOFI lebih berjaya lagi (medali emas nambah bo')pada penyelenggaraan Olimpiade FISIKA selanjutnya. Saya angkat TOFI buat tim TOFI (Peserta OFA,Pak Y.Surya Ph.D,dan R.W.Adi Ph.D).tetapi INGATLAH wahai alumni TOFI jika kalian kuliah di luar negeri tetaplah mengambil fisika (sains or teknik)dan bangun dunia FISIKA (iptek)di Indonesia (Jng tinggal disana selama2nya),Kalian adalah aset besar yang dimiliki oleh bangsa ini.INGAT juga JNG AMBIL jur.lain (t.elektro or etc)spt senior2 TOFI yang sudah 2.Kalian besar via FISIKA dan kalian juga yang WAJIB membesarkan ilmu FISIKA.Untuk P'Yo dan P'Adi Sy menaruh harapan besar, kelak Indonesia akan melahirkan Yohanes Surya dan R.W.Adi lainnya (regenerasi).

    JAYALAH FISIKA, JAYALAH BANGSA INDONESIA

    *Mhs smstr akhir di jurusan FISIKA FMIPA Unila.
    Sekarang sedang melakukan penelitian di Puslitbang
    IPTEK BAHAN (P3IB-BATAN)Serpong,Tangerang dengan topik
    precipitasi logam AlMgsi (Aluminium Alloy).


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Try Wahyudi (TRAY)*
    Kamis, 28 Oktober 2004 (14:04 WIB) dari IP 222.124.50.135

    JAYA FISIKA.JAYA INDONESIAKU
    Sy bangga memiliki kalian (tim TOFI OFA,Pak Yo dan Pak Adi).Kelak akan lahir Einstein 2 baru di Indonesia melalui tangan kalian.kalau sdh kul.diluar negeri ambil jg FISIKA (Sains or Teknik), Jng ambil jur lain (spt t.Elektro,komputer dsb).Salam SUKSES BUAT KALIAN SEMUA jg Buat MHS FISIKA di INDONESIA.

    *Mhs terakhir jur.FISIKA FMIPA Unila
    Skrg sedang melakukan riset di PUslitbang IPTEK Bahan
    (P3IB) BATAN Serpong,Tangerang dengan topik precipitasi
    Logam Almgsi (Aluminium Alloy)


    Re: Indonesia juara umum Olimpiade Fisika Asia ke -4
    Oleh : Arko,SMA 6 Yogya
    Minggu, 5 Desember 2004 (07:17 WIB) dari IP 202.169.225.11

    Hebat! SELAMAT! SEMOGA SUKSES UNTUK YANG BERIKUTNYA. (utk pak Surya: Congratulation!) "To reach the best, it need a lot of sacrifice.And the youngman from My Country can do it! GREAT! Congratulation!


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2019 LIPI