fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 26 April 2019  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi beasiswa :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi beasiswa
» Tulis pesan baru di forum informasi beasiswa

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    Beasiswa Pemerintah Swiss untuk mahasiswa asing
    Oleh : Kedutaan Swiss
    Senin, 5 Januari 2004 (09:08 WIB) dari IP 202.159.34.119

    Pemerintah Swiss melalui Federal Commission for Scholarships for Foreign Students (FCS) bekerja sama dengan Swiss Agency for Development and Cooperation (SDC) menawarkan sejumlah beasiswa untuk negara berkembang termasuk Indonesia.

    Beasiswa tersebut ditawarkan warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan studi di salah satu perguruan tinggi di Swiss. Tujuan beasiswa ini adalah memberi kesempatan memperdalam pendidikan atau melakukan riset dalam bidang khusus di perguruan tinggi yang dipilih. Bidang studi yang diminati haruslah bermanfaat bagi pembangunan di Indonesia. Pada dasarnya penerima beasiswa dapat melanjutkan studi / melakukan penelitian di semua perguruan tinggi negeri di Swiss. Pelamar harus mempertimbangkan bidang studi yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Swiss. Ilmu Kesenian, pendidikan program sarjana strata-1 (undergraduate), pendidikan sekolah perhotelan, pertukaran siswa, dll. TIDAK TERMASUK dalam tawaran beasiswa ini.

    Persyaratan
    1. Warga Negara Indonesia
    2. Ijazah perguruan tinggi (minimal Sarjana Strata-1 atau sederajat)
    3. Batas umur pada waktu melamar adalah 35 tahun
    4. Menguasai dengan baik salah satu bahasa resmi di Swiss (bahasa Jerman, Perancis atau Itali), tergantung lokasi perguruan tinggi yang dipilih, serta kemampuan berbahasa Inggris untuk dapat mengikuti beberapa mata kuliah tertentu. Setiap pelamar harus mengikuti tes bahasa di Kedutaan Swiss Jakarta untuk diuji kemampuan bahasanya, baik secara lisan maupun tulisan.

    Catatan: Kemampuan yang cukup dalam menggunakan salah satu bahasa resmi di Swiss merupakan persyaratan umum yang harus dipenuhi pelamar. Pada dasarnya, syarat ini tetap berlaku bagi pelamar yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dan yang telah mendapatkan konfirmasi dari perguruan tinggi / profesor yang dipilih, bahwa seluruh perkuliahan / riset diadakan dalam bahasa Inggris. Penerima beasiswa harus benar-benar memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam program beasiswa ini. Sebab, tanpa penguasaan salah satu bahasa tersebut akan sangat sulit nantinya dalam menghadapi kehidupan sehari-hari (mis. Untuk berurusan dengan kantor polisi dan imigrasi, kantor pos, bank, kehidupan kampus, dsb.).
    Walaupun begitu, bagi pelamar yang unggul tetapi hasil tes bahasanya kurang memuaskan masih dapat dipertimbangkan untuk beasiswa ini. Calon penerima beasiswa ini harus bersedia mengikuti kursus bahasa intensif selama 3 bulan di University of Fribourg. Kursus bahasa ini biasanya dimulai pada pertengahan bulan Juli, dan biayanya ditanggung oleh FCS.

    Surat penerimaan dari perguruan tinggi yang dipilih. Sebelum melamar beasiswa ini, para pelamar harus menghubungi profesor atau fakultas dari program pasca-sarjana dari perguruan tinggi yang dipilih untuk mendapatkan konfirmasi tertulis. Konfirmasi tersebut harus dilampirkan dalam dokumentasi permohonan beasiswa. Pelamar harus meminta langsung surat tersebut pada perguruan tinggi yang dipilihnya dengan melampirkan rencana studi / penelitian secara jelas dan terperinci, curriculum vitae serta fotokopi yang ijazah perguruan tinggi (beserta transkrip nilai) yang telah dilegalisir. Penterjemahan resmi dan yang telah dilegalisir diperlukan apabila dokumen aslinya tidak dikeluarkan dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis atau Itali.

    Rencana studi / riset yang menjelaskan secara rinci dan jelas tujuan dari studi / riset yang direncanakan. Pelamar harus mempertimbangkan dengan baik bidang studi yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Swiss dan kemungkinan untuk menerapkannya secara profesional di Indonesia setelah menyelesaikan studi / risetnya.

    Prosedur Pendaftran
    Aplikasi permohonan (application form) dapat diperoleh di :
    Kedutaan Besar Swiss
    Bagian Pendidikan & Kebudayaan
    Jl. H.R. Rasuna Said, Kav. X 3/2
    Kuningan
    Jakarta Selatan 12950
    E-mail: vertretung@jak.rep.admin.ch

    Harap diingat : aplikasi permohonan hanya diberikan kepada pelamar yang dapat memenuhi semua persyaratan yang telah diterangkan di atas.

    Kelengkapan dokumen yang harus dilampirkan : :

    1. Surat permohonan pencalonan/dari pimpinan perguruan tinggi asal
    2. Fotokopi ijazah SMU (atau sederajat)
    3. Fotokopi ijazah sertifikat, diploma, perguruan tinggi dengan transkrip nilai (minimal Sarjana Strata-1 atau sederajat)
    4. Surat rekomendasi dari 2 profesor di Indonesia Rencana studi yang rinci dan jelas menggambarkan program dari studi / riset yang direncanakan di Swiss
    5. Curriculum vitae
    6. Surat penerimaan dari profesor / institusi yang dipilh yang menyatakan bahwa riset dapat dilakukan di institusi tersebut; Surat penerimaan dari perguruan tinggi untuk studi pasca-sarjana atau master
    7. Surat pemeriksaan medis (formulir tersedia bersama aplikasi permohonan dari Kedutaan Besar Swiss)
    8. Dokumen lain (sertifikat kursus bahasa, dll.)

    Aplikasi permohonan beserta semua persyaratan yang diminta harus diserahkan dalam rangkap 4 (4 set). Semua dokumen yang difotokopi harus dilegalisir sesuai aslinya. Semua dokumen yang aslinya tidak dikeluarkan dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis atau Itali harus diterjemahkan ke dalam salah satu bahasa tersebut di atas, harus dilegalisir, kemudian dilampirkan pada dokumen yang telah diterjemahkan.

    Bagi pelamar yang berstatus sebagai dosen PTN/PTS, mohon pencalonan dialamatkan kepada Direktur Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Ditjen Dikti, Jalan Pintu Satu Senayan Jakarta, untuk selanjutnya akan kami teruskan ke Biro KLN dan Humas Depdiknas dan Kedutaan Besar Swiss di Jakarta.
    Berkas lamaran harus sudah sampai di Ditjen Dikti paling lambat tanggal 30 September 2003 (Deadline di Kedubes Swiss tanggal 31 Oktober).

    Harap diingat bahwa hanya aplikasi permohonan yang lengkap dan disusun rapih yang akan dipertimbangkan. Apabila semua persyaratan sudah lengkap, pelamar akan diundang ke Kedutaan untuk mengikuti wawancara dan ujian bahasa secara lisan dan tertulis. Federal Commission for Scholarships for Foreign Students (FCS) akan mengumumkan hasilnya oleh Keubes Swiss pada bulan Mei 2004.

    Jumlah tunjangan beasiswa per bulan
    CHF 1.820,- untuk mahasiswa pasca-sarjana (postgraduate)
    CHF 4.500,. untuk kursus bahasa di Fribourg (3 bulan)

    Harap diingat : penerima beasiswa dibebaskan dari biaya perkuliahan tetapi TIDAK untuk perkuliahan pasca-sarjana tertentu seperti misalnya program MBA (yang biayanya bisa mencapai ribuan CHF). Tunjangan ini hanya untuk mencukupi biaya hidup di Swiss.

    Biaya perjalanan dan asuransi
    Penerima beasiswa dari Indonesia harus menanggung sendiri biaya perjalanan ke Swiss, sedangkan FCS (anggota keluarga tidak termasuk) akan menanggung perjalanan pulang ke Indonesia. Biaya perjalanan pulang ini tidak akan diberikan apabila penerima beasiswa bermaksud tinggal di Swiss lebih dari 6 bulan setelah menyelesaikan studinya di Swiss, atau apabila akan bekerja atau pindah ke negara ketiga.

    Asuransi kesehatan (kecuali untuk gigi) dan asuransi kecelakaan akan disediakan

    Kewajiban penerima beasiswa
    Penerima beasiswa harus tinggal di kota tempat ia melanjutkan studinya di Swiss dan harus mengikuti semua peraturan hukum yang berlaku bagi orang asing yang tinggal di Swiss serta harus mematuhi peraturan yang berlaku di perguruan tinggi. Penerima beasiswa tidak dapat membawa anggota keluarganya ke Swiss pada tahun pertama studinya, tetapi mereka boleh berkunjung ke Swiss sebagai turis dengan biaya sendiri.

    Penerima beasiswa harus memberikan pernyataan tertulis untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi / risetnya di Swiss.

    Beasiswa FCS tidak dapat diambil secara bersamaan dengan beasiswa lain. Apabila penerima beasiswa mendapat beasiswa lain atau tunjangan keuangan lain (gaji), beasiswa dari pemerintah Swiss ini akan dibatalkan.

    Website Link Penting :

    Swiss Universities and Offered Study Programmes : http://www.swissuni.ch/
    Postgraduate studies at Swiss Universities : http://www.crus.ch/engl/postgrad.html/


    Re: Beasiswa Pemerintah Swiss untuk mahasiswa asing
    Oleh : Sigit prasetyo
    Selasa, 15 Juni 2004 (23:23 WIB) dari IP 202.148.11.232

    saya lulusan smu 2003 tianggal di sidoarjo jatim butuh beasiswa ke s1 email she-gate@telkom.net persyaratan,formulir tempat pendaftaran yang bisa di hubungi?


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    Untuk para PENCARI BEASISWA : sarana ini untuk memberikan informasi mengenai beasiswa dan BUKAN untuk pengumuman mencari beasiswa. Pesan mencari beasiswa hanya akan mengganggu pemakai lain yang ingin mencari beasiswa, serta membuat penuh kapasitas sehingga mempersulit pencarian info beasiswa yang sebenarnya. Bila Anda pencari beasiswa, manfaatkan sarana ini untuk memperoleh informasi aneka beasiswa yang ada, kemudian ikuti prosedur / langsung kontak sesuai informasi tertulis untuk setiap beasiswa ! Sebagai pencari beasiswa, Anda harus aktif langsung menghubungi pemberi beasiswa dan BUKAN meminta pemberi beasiswa menghubungi Anda (ini sebenarnya kunci utama mendapatkan beasiswa !)...

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2019 LIPI