fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Selasa, 16 Oktober 2018  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Dengan Robot Hidrolik Ini, Fisika Jadi Mudah dan Menyenangkan
Dian Kurniawan

Beberapa mahasiswa Jurusan Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Ilmu Keguruan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) berhasil menciptakan Robot Hidrolik Handmade. Tujuan pembuatan robot itu untuk mendukung pengajaran Fisika.

"Sebagai calon pendidik kami berniat untuk mengenalkan alat ini agar lebih banyak orang tahu bahwa fisika itu sederhana dan menyenangkan," kata Ketua Tim Fisika WM Surabaya Rezki Agung Rahmansyah di Surabaya, Rabu (23/9/2015).

Robot itu diharapkan menjadi alat percontohan dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran fisika. Robot ini juga bisa berputar, bergerak naik turun, bahkan menjepit dan mengangkat penghapus papan tulis.

"Robot hidrolik ini membuat kita paham bagaimana memanfaatkan dan mengaplikasikan tekanan yang tepat untuk menjepit, mengangkat, berputar, bahkan memindahkan suatu benda," jelas Rezki.

Untuk bahan-bahannya, kata dia, sebagian besar bahan bekas seperti gabus sisa alat elektronik keras, stik es krim, lem tembak, alat suntik tanpa jarum, karet gelang, serta selang kecil.

"Jika tidak ada gabus elektronik, gunakan saja gabus bekas sandal jepit. Kalau ingin robotnya lebih kokoh, bisa juga menggunakan kayu oven yang biasa dipakai untuk suvenir," jelas Rezki. (Hmb/Sun)

Sumber : Liputan6.com, 23 September 2015

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 3 Oktober 2015

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI