fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Sabtu, 15 Desember 2018  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Siapa Sangka Fisika Bisa Dijadikan Puisi. Tak Percaya?
Afrizal

Apakah Anda pernah melihat atau mendengar Ilmu Fisika dijadikan puisi? Ini yang terjadi di Pekanbaru, Riau. Fisika yang selama ini berkutat dengan rumus-rumus diolah menjadi sebuah karya seni. Sebanyak 13 tim SMP dan SMA yang ada di Provinsi Riau dan Kepri mengikuti Fisikawan Berpuisi, Olimpiade Fisika 10, diselenggarakan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau, Kamis (29/1/2015), di ruang serbaguna FKIP.

Fisikawan berpuisi merupakan lomba musikalisasi puisi. Namun bedanya, dalam lomba ini tim harus membawakan sendiri puisi mereka tulis. Puisi harus bertema Fisika memuat berbagai istilah umum pelajaran ilmu pasti tersebut.

Seperti ditampilkan MAN 1 Pekanbaru. Memiliki kesempatan memperlihatkan kemampuannya pukul 16.00 WIB, tim beranggotakan lima siswa ini membekali diri dengan tiga alat musik gitar, biola dan tambur.

Dua siswa lainnya bertugas membawakan puisi yang diiringi musik. Tampil perdana, ini membawakan puisi tentang dunia pendidikan. Sambil melontarkan sejumlah hukum-hukum dalam ilmu Fisika, mereka menuturkan juga kondisi pendidikan. Di antaranya realita siswa yang cenderung menjadi seorang penghapal daripada memahami. Penampilan menarik juga dihadirkan tim dari SMP IT Dar Al Maarif.

Berbeda dengan tim lain membekali diri dengan alat musik, tim beranggota lima siswa ini memaksimalkan penampilan pada pembacaan puisi.

Diiringi musik rekaman, berulang kali tim ini mendapatkan sambutan meriah penonton. Berulang kali tepuk tangan terdengar setiap bait puisi yang dibacakan mengandung unsur fisika.

Sumber : Tribun Pekanbaru, 29 Januari 2015

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 8 Februari 2015

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI