fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 22 Juni 2018  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Petir dari Lubang Hitam Melanggar Hukum Fisika
Dede Suhaya

Menurut hukum fisika, kecepatan cahaya merupakan batas fundamental yang tidak bisa dilanggar, artinya tidak ada yang melebihi kecepatan tersebut.

Itulah yang menyebabkan para astronom bingung ketika mereka melihat kilatan kuat energi meledak keluar dari jantung lubang hitam supermasif di pusat galaksi IC 310 (dalam konstelasi Perseus) yang berjarak 260 juta tahun cahaya dari Bumi, seperti dilaporkan Daily Mail, baru-baru ini.

Dari pengukuran 'petir' sinar gamma ini menunjukkan cahaya itu keluar dari cakrawala peristiwa, dimana event horizon ini merupakan batas di mana tidak ada apapun yang bisa melarikan diri dari gravitasilubang hitam, pada tingkat yang tampaknya lebih cepat dari kecepatan cahaya.

Sementara sinar gamma muncul untuk menyeberangi cakrawala peristiwa hanya dalam beberapa menit, para ilmuwan memperkirakan seharusnya cahaya ini memakan waktu 25 menit untuk melewati jarak ini.

Ini menunjukkan sinar gamma melaju lebih cepat dari kecepatan cahaya, atau sesuatu yang lain sedang terjadi.

Sumber : Pikiran Rakyat, 30/11/2014

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 1 Desember 2014

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI