fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Minggu, 16 Desember 2018  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Penelitian Rekayasa Material Made by Ferry Iskandar Dapat Habibie Award
Nur Khafifah

The Habibie Center memberikan penganugerahan kepada empat orang yang dinilai aktif mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Anugerah diberikan untuk bidang eksakta dan non eksakta.

Anugerah ini diberikan bertepatan dengan ulang tahun The Habibie Center ke-15. Para penerimanya antara lain Ferry Iskandar untuk bidang ilmu dasar, Ahmad Agus Setiawan untuk bidang ilmu rekayasa, Salim Said untuk bidang sosial politik serta Nobertus Riantiarno untuk bidang ilmu kebudayaan.

Salah satu penelitian Ferry Iskandar adalah mengembangkan rekayasa material dengan bentuk nanopori menggunakan metode aerosol spray. Metode pembuatan material berpori nano ini memiliki banyak aplikasi baik di bidang material elektronik, katalis bahkan obat-obatan.

"Contoh aplikasinya yaitu material katalis pada sel bahan bakar," kata pria bergelar doktor engineering ini di Perpustakaan Habibie Ainun, Jl Taman Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (13/11/2014).

Penelitian Ferry juga dikembangkan pada rekayasa material fosfor, nanofiber, lapisan tipis dan nanopartikel. Aplikasi dalam penelitian ini digunakan dalam berbagai bidang seperti lampu penerangan, memori divais, sel surya, filter udara dan sebagainya.

Penelitian dosen Fakultas MIPA ITB ini kemudian dilanjutkan dengan tema untuk memecahkan masalah bangsa seperti pengembangan material katalis agar mengefisiensikan produksi minyak mentah. Pria lulusan Universitas Kanazawa, Jepang ini juga meneliti material litium baterai untuk proyek mobil listrik nasional.

Hingga saat ini dirinya masih fokus dalam pengembangan teknologi material yang menjadi pondasi pengembangan teknologi lainnya. Ferry telah mempatenkan 15 penelitiannya berskala nasional dan internasional. Tulisannya juga telah dipublikasikan pada lebih dari 120 makalah di jurnal internasional.

"Kami masih terus berupaya untuk berkontribusi dalam pengembangan teknologi material demi menyongsong masa depan Indonesia yang maju dan sejahtera," tutupnya.

Sebelumnya Habibie Center pernah memberikan award kepada 47 orang yang dinilai memberikan kontribusi aktif dalam berbagai bidang di Indonesia. Yayasan besutan BJ Habibie ini juga telah memberikan beasiswa S3 untuk 87 orang yang terpilih melalui berbagai seleksi.

Sumber : detikNews, 13 November 2014

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 20 November 2014

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI