fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Selasa, 16 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Mahasiswa Fisika Unpad Ikuti Kanryu Program di Jepang
-

Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad kembali mengirimkan tiga mahasiswanya untuk mengikuti “Kanryu Program” di Universitas Saitama, Jepang. Kanryu Program merupakan sebuah program internasional yang memberikan pengalaman riset, belajar dan berinteraksi antar mahasiswa dengan berbagai perbedaan budaya, serta untuk mengimplementasikan global standard education di Science Engineering Faculty, Universitas Saitama. Program ini dilaksanakan selama satu bulan penuh, dan untuk tahun ini dilaksanakan mulai dari tanggal 13 November – 13 Desember 2011.

Tahun ini adalah kali kedua bagi Jurusan Fisika FMIPA Unpad berkesempatan mengirimkan mahasiswanya ke Universitas Saitama. Program ini diprakarsai oleh salah seorang staf pengajar Jurusan Fisika FMIPA Unpad, Dr. Risdiana, M. Eng., yang telah memiliki jalinan kerja sama penelitian dengan salah seorang profesor di Universitas Saitama.

Ketiga mahasiswa yang berkesempatan untuk mengikuti Kanryu Program tahun ini adalah Evan Mulyana (angkatan 2008), Nadya Larasati Kartika (2008) dan Thoriq Syaeful Rahman (2008). Mereka adalah mahasiswa terbaik yang terpilih di jurusan Fisika FMIPA Unpad. Sebelum terpilih mengikuti program ini, terlebih dahulu mereka harus menghadapi beberapa tahapan seleksi, mulai dari seleksi dokumen hingga wawancara.

Banyak sekali kegiatan yang telah mereka jalani selama satu bulan penuh. Mulai dari eksperimen, mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas, kunjungan kebudayaan, kunjungan laboratorium, dan kunjungan ke beberapa tempat budaya dan wisata di Jepang. Eksperimen yang dilakukan adalah eksperimen fisika lanjut yang terdiri atas 4 modul percobaan dengan dibimbing oleh mahasiswa S-2, serta eksperimen pokok yaitu sintesis dan mengidentifikasi sifat bahan organik konduktor, yang dimbimbing langsung oleh salah seorang Profesor di Universitas Saitama, Prof. Taniguchi.

Selain itu, ketiga mahasiswa ini juga membawa misi memperkenalkan budaya Indonesia dan Unpad. “Senang sekali bisa merasakan atmosfer belajar di sini, sungguh pengalaman yang sangat luar biasa,” kata Evan Mulyana dalam rilisnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kedepannya akan dapat terjalin kerja sama penelitian lebih lanjut antara jurusan Fisika FMIPA Unpad dan jurusan Fisika Universitas Saitama. Selain itu, ketiga mahasiswa yang telah mengikuti program ini juga diharapkan dapat melanjutkan studi S-2 nya di Universitas Saitama, guna melanjutkan penelitian yang telah mereka lakukan di program ini.

Sumber : FMIPA Unpad, 29 Desember 2011

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 31 Desember 2011

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI