fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 19 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Partikel Baru Ditemukan
Yunanto Wiji Utomo | Tri Wahono

Ilmuwan yang bekerja di Large Hadron Collider (LHC) di perbatasan Swiss dan Perancis berhasil menemukan partikel baru, bernama Chi_b (3P). Hasil penelitian telah masuk ke Arxiv pre-print server.

Profesor Roger Jones yang bekerja di LHC mengatakan bahwa keberadaan partikel tersebut telah diduga sejak bertahun-tahun lalu. Namun, belum ada ilmuwan yang berhasil membuktikan keberadaanya hingga penelitian ini.

"Partikel ini tersusun antas quark dan anti quark yang saling terikat," kata Jones. Quark adalah partikel elementer dan penyusun fundamental sebuah materi. Anti quark bisa dikatakan lawan dari quark atau penyusun anti materi. "Partikel ini juga menarik karena mengatakan pada kita tentang gaya yang mengikat quark dan anti quark, gaya inti yang kuat. Dan gaya itu adalah gaya yang sama seprti misalnya yang mengikat nuleus bersama proton dan elektron," tambah Jones.

LHC berkutat pada penemuan partikel Higgs yang bisa menerangkan alasan materi memiliki massa dan menjawab teka-teki terbentuknya semesta. Jones seperti dikutp BBC, Kamis (22/12/2011) menuturkan bahwa penemuan Chi_b (3P) bakal membantu pencarian Higgs.

Penemuan partikel ini merupakan yang pertama yang bisa dipastikan sejak LHC beroperasi tahun 2009. Penemuannya seolah memberi janji akan kelangsungan misi LHC berikutnya. Hasil penemuan akan memperkaya wawasan sekaligus mendorong perkembangan baru dalam dunia fisika.

Sumber : Kompas, 24 Desember 2011

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 25 Desember 2011

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI