fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Selasa, 16 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Ciptakan Program E-learning Fisika Interaktif, Dosen Universitas Bengkulu Raih Doktor
Humas UGM/Ika

Belajar Fisika kini tidak lagi sulit dan terasa lebih menyenangkan. Saat ini telah dikembangkan program E-learning Fisika untuk mempermudah siswa dalam belajar Fisika. Program ini dikembangkan oleh Drs. Afrizal Mayub, M.Kom, dosen Universitas Bengkulu.

Afrizal melihat kurangnya minat belajar Fisika karena sifatnya yang abstrak, empiris, dan matematis. Untuk meningkatkan minat belajar Fisika perlu diciptakan suasana menyenangkan dalam belajar. Salah satu cara ditempuh dengan merancang sistem pembelajaran yang menarik dan memenuhi standar agar tercapai efektivitas belajar. Untuk itulah ia membuat suatu program pembelajaran yang menarik serta lebih nyata dengan menggunakan paket E-learning.

“E-learning Fisiska ini harus bersifat multimedia dilengkapi dengan sistem suara yang baik agar bisa menarik minat siswa untuk belajar ,” kata Afrizal saat mempertahankan disertasinya di hadapan dewan penguji, Kamis (15/12) di Fakultas Teknik UGM.

Model rekayasa program E-learning tersebut memuat modul-modul pembelajaran yang terhubung dalam suatu sistem yang saling terkait. Modul tersebut adalah modul presentasi materi, animasi demo, animasi analisis, jawaban maslah, examination, practice tes, dan modul program help.

Menurutnya,program E-learning ini berperan sebagai apersepsi, motivator, pemberi informasi, serta sebagai fasilitator. Disamping itu juga sebagai wadah pengembangan diri , pembelajaran secara individual dan interaktif.

Dari hasil penelitian berjudul “ Rekayasa Program E-learning Fisika Sebagai Upaya Mengefektifkan Pembelajaran Fisika SMA”, diketahui hasil bahwa program E-learning sangat berperan dalam proses belajar Fiska. Rekayasa program E-learning juga terbukti mampu meningkatkan rata-rata nilai dan daya serap belajar hingga 43,5 persen. Selain itu juga dapat meningkatkan ketuntasan belajar sebasar 84,16 persen.

“Program E-learning dalam belajar Fisika juga terbukti mampu memotivasi belajar Fisika pada siswa,” pungkas pria kelahiran Rumbai, Pasamam, 18 April 1960 ini.

Sumber : UGM, 16 Desember 2011

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 17 Desember 2011

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI