fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 19 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

E-Learning Fisika Tingkatkan Hasil Belajar 75 persen
A-84/kur

Penggunaan program e-learning pelajaran fisika bisa menyulap minat dan hasil belajar fisika. Hasil belajar meningkat tajam dari rata-rata 32,4 persen menjadi 75,9 persen. Peningkatan hasil belajar tersebut sebagai produk positif atas peningkatan daya serap siswa terhadap pelajaran fisika dengan menggunakan e-learning fisika.

Dalam mempertahankan disertasinya, Kamis (15/12), Drs. Afrizal Mayub, M,Kom mengatakan daya serap siswa pengguna e-learning fisika meningkat dari 32 persen menjadi 75,9 persen.

Dosen Universitas Bengkulu tersebut, menyatakan, nilai positif lain e-learning fisika pada aspek ketuntasan belajar, dari ketuntasan 0 persen menjadi 84,16 persen.

"Siswa cukup termotivasi oleh penggunaan e-learning," kata promovendus di Fakultas Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Dalam penelitian tentang rekayasa program e-learning bagi siswa SMA, dia menggunakan modul fisika multimedia. E-learning memuat modul utama, gerak peluru, gerak satelit, dan modul ujian materi. Semua modul dilengkapi dengan demo, analisis, jawaban masalah, praktis tes (practice test), ujian (examination), dan modul kunci/penolong (help practice test).

Tujuan penciptakan e-learning fisika untuk meningkatkan minat siswa belajar fisika dan program ini digunakan sebagai apersepsi, motivator, informator, fasilitator, demonstrator, evaluator, dan memvokuskan perhatian siswa serta program solusi atas masalah belajar fisika.

Sumber : Pikiran Rakyat, 15 Desember 2011

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 17 Desember 2011

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI