fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Selasa, 16 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Para Ilmuan Mendemonstrasikan Logika Kuantum Serat
Evy Siscawati

Sebuah tim fisikawan dan insinyur berhasil menunjukkan logika kuantum serat, dimana satu foton dibuat dan digunakan untuk menjadi gerbang logika kuantum NOT-terkontrol dalam serat optik dengan fidelitas tinggi.

Satu-satunya teknologi kuantum yang digunakan secara praktis sekarang adalah kriptografi kuantum dan terbatas dalam jarak dimana komunikasi yang aman dapat terjadi.

Jaringan kuantum yang lebih memuaskan membutuhkan noktah-noktah dengan kemampuan mengimplementasikan pengolahan kuantum berskala kecil untuk meningkatkan jangkauan komunikasi kuantum. Jaringan demikian akan bertopang pada sambungan serat optik, membuat pembangkitan foton berbasis serat dan pengolahan informasi dari hal-hal teknologis yang berperan kunci.

Jeremy O’Brien, Professor fisika dan teknik elektro Universitas Bristol dan rekan-rekannya, telah menunjukkan kalau mungkin untuk gerbang NOT-terkendali serat berfidelitas tinggi beroperasi dengan sumber foton tunggal.

Professor O’Brien mengatakan “Berdasarkan model sederhana kami mampu menyimpulkan kalau ketidaksempurnaan yang ada terutama karena sumber foton, yang berarti gerbangnya sendiri bekerja dengan fidelitas sangat tinggi.”

“Pengolahan informasi kuantum berbasis serat tersebut akan memiliki penerapan penting dalam jaringan kuantum di masa depan.”

Pengolahan informasi kuantum berbasis serat dapat digunakan dalam teknologi kuantum yang kurang dewasa seperti komputasi, komunikasi dan pengukuran mutakhir, serta sains dasar optika kuantum.

Tim ini melaporkan hasilnya dalam edisi Maret 2009 jurnal Physical Review A (Vol 79, No 3).

Sumber berita: University of Bristol
Referensi jurnal: Alex S. Clark, Jérémie Fulconis, John G. Rarity, William J. Wadsworth, and Jeremy L. O’Brien. All-optical-fiber polarization-based quantum logic gate. Physical Review A, 2009; 79 (3): 030303 DOI: 10.1103/PhysRevA.79.030303

Sumber : FaktaIlmiah.com, 8 Mei 2011

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 29 November 2011

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI