fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Rabu, 15 Agustus 2018  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Siapa Bilang Fisika Cuma Sekumpulan Rumus yang Bikin Stress?
Narasoma Putra Mandraka

Mendengar kata fisika, apa yang terbayang dalam benak anda? Bagi kebanyakan orang, mungkin fisika itu identik dengan rumus - rumus super rumit yang hanya ditangani oleh ilmuwan super cerdas berkaca mata tebal dalam sebuah gudang penuh buku. Jika itu yang ada dalam pikiran anda, tunggu dulu sampai anda melihat ini. Sebuah software didesain oleh Dmitri Xanthopoulos untuk memvisualisasikan fenomena - fenomena benda fisik. Dengan menggunakan tools yang ada, anda dapat mereka adegan - adegan berdasarkan hukum fisika dalam bidang 2D. Anda dapat merancang katrol, roda gigi, rantai dan yang lainnya. O iya, nama software itu Physion kependekan dari Physic Simulation. Sederhana, mudah dan menyenangkan.

Sejauh pengamatan saya, software ini hanya memuat hukum - hukum mekanika newtonian dan segala konsekuensinya di bidang teknik. Sementara cabang fisika klasik yang lain seperti elektromagnetik dan termodinamika belum tercakup di dalamnya. Namun itu saja sudah cukup untuk membuktikan bahwa fisika itu mengasyikkan, terutama bagi anda yang mengidap “phobiaphysica”.

Software Physion secara gratis bisa didownload < ahref="http://physion.net/en/downloads" target="baru">di sini, dan untuk sementara perangkat lunak ini hanya tersedia bagi pengguna Windos dan Linux. Jadi, harap sabar saja bagi MacOS user…

Sumber : Kompasiana, 21 Juni 2011

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 25 Juni 2011

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI