fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Rabu, 15 Agustus 2018  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

FMIPA Unhalu Telorkan Juara Olimpiade Fisika
Alpin Basri

Fakultas Matematika dan Imu Pengetahuan Alam (FMIPA) Uiversitas Haluoleo akhirnya kembali menelorkan juara untuk olimpiade mata pelajaran fisika tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Juara I dan II diraih oleh siswa SMA Negeri 1 Kendari, dan juara III diraih oleh siswa SMA Negeri 2 Kendari.

Peserta dari olimpiade mencakup SMA yang berada dalam Kota Kendari dan luar Kota Kendari. Soal olimpiade yang ditampilkan mencakup materi SMA yang termasuk dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Proses seleksi melalui tiga tahap hingga didapatkan peserta yang mampu menjadi juara berdasarkan nilai tertinggi.

Tahap pertama menjawab 40 butir soal pilihan ganda, kemudian menjaring 10 peserta. Tahap kedua, mengerjakan soal uraian sebanyak 15 butir soal, menjaring 5 peserta. Lima peserta kemudian mengikuti tahap tiga atau tahap final dengan mepresentasekan makalah dihadapan dewan juri dari FMIPA dengan tema yang telah ditentukan panitia, kemudian didapatkan tiga terbaik, dimana siswa SMAN 1 Kendari mendomin

Beberapa tema yang diberikan peserta yakni, analisis bandul fisis dengan beban, analisis bandul tanpa beban, dan loncatan batu diatas permukaan air.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum yang juga guru pembina olimpiade fisika SMAN 1 Kendari, Nafarudin, saat dikonfirmasi, Minggu (5/6), mengatakan ajang lomba yang diikuti di Unhalu baru-baru ini adalah sebagai ajang latihan untuk siswanya menuju tingkat lomba yang lebih tinggi.

"Pada kegiatan olimpiade beberapa hari lalu, SMAN 1 Kendari ikut sebagai ajang pemanasan untuk pelaksanaan Olimpiade Sains Provinsi (OSP, red) pekan depan. Tentunya persiapan akan lebih matang untuk kembali menjadi yang terbaik. Kami selalu mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Unhalu," ungkapnya.

Olimpiade fisika dalam ajang Gebyar Civitas Sains Fisika (Gravitasi) 2011 se-Sultra dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan fisika, FMIPA Unhalu pekan lalu. Tema dari Gravitasi 2011 yakni Sinergiskan Sains dan Tenologi dalam Menyokong Pembangunan Nasional. Olimpiade merupakan salah satu item kegiatan selain seminar pendayagunaan sumber energi alternatif dan pameran peralatan alat-alat laboratorium fakultas MIPA.

Ketua Panitia, Ahmad Maskur, didampingi Ketua Umum HMJ Fisika FMIPA Universitas Haluoleo, Rio Irhan Mais, mengatakan dalam waktu dekat juga akan digelar pelatihan jaringan Information Technology (IT).

Sumber : Kendari Ekspres, 6 Juni 2011

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 13 Juni 2011

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI