fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 19 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Nobel Fisika untuk Serat Optik
eye

Hadiah Nobel untuk bidang Fisika dimenangkan tiga ilmuwan Inggris, Amerika Serikat (AS), dan Kanada, yang menciptakan teknologi untuk fotografi digital dan membantu menghubungkan dunia melalui jaringan serat optik.

Juri hadiah Nobel di Stokholm menyerahkan hadiah ini kepada Charles Kao karena berhasil menemukan transmisi cahaya dalam serat untuk komunikasi optik. Sementara itu, Willard Boyle dan George Smith, berbagi hadiah ini karena menemukan sensor gambar digital.

Akademi Sains Kerajaan Swedia mengatakan, sensor itu mengubah dunia fotografi sehingga cahaya bisa ditangkap secara elektronik dan tidak lagi dengan film. Adapun panitia Nobel mengatakan, setengah dari Hadiah Nobel ini akan diberikan kepada Kao yang mengajar di Chinese University di Hong Kong.

Menurut Akademi Sains Swedia, penelitian yang dilakukan Kao di Inggris di tahun 1960-an, memungkinkan para peneliti mengembangkan serat optik ke tingkat yang lebih canggih. Ini memungkinkan serat ini mengirim cahaya lebih jauh dari jarak yang bisa dilakukan sebelumnya.

Saat ini, serat optik menjadi bagian penting dalam teknologi komunikasi. Kabel yang tidak lebih tebal dari sehelai rambut ini bisa mengirim data dengan cepat ke seluruh dunia. Sistem telepon juga dibuat menggunakan teknologi ini dan memungkinkan broadband dengan kecepatan tinggi berfungsi seperti sekarang.

Setengah hadiah Nobel bidang fisika ini akan dibagi antara Boyle dan Smith, yang bekerja di Laboratorium Bell di Murray Hill di negara bagian New Jersey, AS. Kelompok mereka menemukan sensor digital pertama yang disebut CCD (Charge-Coupled Device).

Hadiah Nobel yang diberikan setiap tahun ini meliputi bidang kimia, kedokteran, sastra, perdamaian, dan ekonomi. Hadiah uang yang diterima para pemenang adalah 10 juta Kronor Swedia atau sekitar 150 miliar rupiah.

Sumber : Republika (6 Oktober 2009)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 7 Oktober 2009

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI