fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Selasa, 16 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Tiga Ilmuwan AS Raih Hadiah Nobel Bidang Fisika 2009
hr

Tiga ilmuwan yang menciptakan teknologi dibalik fotografi digital dan membantu menghubungkan dunia melalui jaringan fiber optic secara bersama meraih Hadiah Nobel Fisika, Selasa (6/10).

Charles K.Kao dihargai karena terobosannya yang melibatkan transmisi sinar pada fiber optic sementara Willard S.Boyle dan George E.Smith mendapat penghargaan karena menciptakan sirkuit semiconductor pengambilan gambar dikenal sebagai sensur CCD.

The Royal Swedish Academy of Scinces mengatakan semua tiga pemenang memiliki kewarganegaraan Amerika. Kao juga memegang kewarganegaraan Inggris sementara Boyle juga seorang warganegara Kanada.

Hadiah senilai 10 juta kronor (1,4 juta dolar) akan dibagi antara tiga pemenang di mana Kao akan memperoleh setengahnya sementara Boyle dan Smith masing-masing memperoleh seperempatnya. Tiga ilmuwan itu juga menerima selembar diploma dan undangan ke upacara-upacara pemberian hadiah di Stockholm pada 10 Desember.

Kao, yang lahir di Shanghai dan merupakan seorang warganegara Inggris, dihargai atas penemuannya 1966 yang memperlihatkan bagaimana meneruskan sinar pada jarak-jarak jauh melalui kabel fiber-optic yang menjadi tulang punggung jaringan komunikasi modern yang membawa panggilan telepon dan data internet berkecepatan tinggi di seantero dunia.

“Dengan fiber kaca terasli hingga memungkinkan meneruskan sinyal-sinyal sinar sejauh 100 kilometer dibanding hanya 20 meter bagi fiber yang ada dalam tahun 1960-an,” demikian bunyi penghargaan itu. (AP/hr)

Sumber : Harian Analisa, 6 Oktober 2009

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 7 Oktober 2009

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI