fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 19 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Fisika Itu Penuh Tantangan, Delegasi Makassar di Olimpiade Fisika 2009
nda

MERASAKAN atmosfir persaingan pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) membuat Daniel Edward Humala Hutagaol tidak berhenti sampai impiannya berhasil Siswa Kelas III SMP Kristen Ipeka ini menjadi delegasi Makassar ada OSN 2009 di tingkat provinsi untuk mata pelajaran Fisika.

Sayang, siswa pindahan dari Bandung ini belum berhasil meraih kemenangan. "Kalau diberikan kesempatan, saya akan manfaatkan dengan baik. Saya akan coba ikut seleksi lagi dan memberikan yang terbaik buat sekolah dan daerah ini, minimal meraih perak," katanya.

Tekad putra sulung dari tiga bersaudara pasangan Bonar Halomoah Hutagaol dan Juwita Arta Naorga Sitompul ini tidak main-main. Buktinya, ia terus memperdalam ilmunya, khususnya ilmu fisika dengan menambah jam pelajaran. "Setiap hari saya tambah jam berlajar sekitar satu jam sebelum tidur dan mengulangnya di pagi hari sebelum berangka ke sekolah. Selain untuk memperdalam Fisika juga pelajaran lainnya, agar nilai pelajaran sekolah tidak jeblok," ungkapnya.

Pria kelahiran Magetan, Jawa Timur ini pindah dari Bandung sejak kelas satu SMP. Sejak saat itu, ia menguasai pelajaran dan meraih peringkat satu di kelasnya. Daniel yang bercita-cita ingin menjadi duta besar untuk Inggris ini mulai menyukai pelajaran Fisika sejak kelas dua SMP. Menurutnya ilmu Fisika yang dinilai orang adalah momok sangat menantang.

"Soal-soal Fisika sangat menantang untuk dikerjakan, ini yang membuatnya sangat menarik. Belum lagi praktek-prakteknya yang seru," ujarnya. Jika tekad sudah diserukan dan niat untuk memenuhinya sudah dilaksanakan, maka tidak ada yang sia-sia dari setiap usaha.

Daniel akan terus berjuang agar bisa memenuhi harapannya minimal meriah perak pada OSN selanjutnya, kalau perlu bisa menyamai prestasi yang diraih Firmansyah yang telah meraih emas pada Olimpiade Fisika se-jagad.Amien! (apriani landa)

Pengiring Lagu di Gereja

TIDAK hanya berotak encer, tapi Daniel juga memiliki talenta yang luar biasa. Ia mampu menguasai dua alat musik yaitu gitar dan piano.

Ia mampu memainkan gitar karena mendapat bimbingan dari orang tuanya, sedangkan ilmu piano didapat dari ikut kursus.

"Dulu waktu di Bandung sempat buat band dengan teman-teman. Tapi sekarang belum ada. Jadi lmu musiknya dimanfaatkan untuk memuji Tuhan," katanya. Yup, Daniel kerap memainkan piano untuk mengiringi lagu pada saat ibadah di Gereja. Bukankah telanta yang diberikan memang untuk memuji Dia yang Maha Kuasa.(nda)

Data diri: Nama: Daniel Edward Humala Hutagaol
Panggilan: Daniel
Lahir: Magetan, Jatim, 13 Februari 1995
Orangtua: Bonar Halomoah Hutagaol/Juwita Arta Naorga Sitompul
Kelas: III SMP Kristen Ipeka
Hobi: main musik dan basket
Cita-cita: Duta Besar Inggris
Prestasi:

  • Wakil Makassar pada OSN 2009 ke tingkat provinsi bidang Fisika
  • Juara III kategori Tim pada lomba MIPA oleh JILC 2009

Sumber : Tribun Timur, 17 September 2009

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 19 September 2009

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI