fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 19 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Pekan Ilmiah Fisika (PIF) XX tahun 2009
-

"Smart Life with Physics.", Pekan Ilmiah Fisika (PIF) Tahun 2009 sebagai salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang 2009 yang mempunyai maksud untuk lebih meningkatkan cakrawala berpikir para pelajar dan mahasiswa dalam interaksinya dengan kehidupan masyarakat sehingga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dan dikembangkan di dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

Pekan Ilmiah Fisika (PIF) XX tahun 2009 ini diorganisir oleh segenap anggota Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) tahun 2009 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang yang akan dilaksanakan di 3 (tiga) karisedenan (untuk lomba SMP dan SMA ), serta 3 kabupaten (untuk SD) pada bulan Oktober sampai November.

PESERTA

  • Peserta dalam kegiatan ini adalah : Siswa SMA dan SMP se-Jawa Tengah dan siswa SD se-Karisidenan Semarang
  • Guru SD/SMP/SMA se-Jawa Tengah
  • Mahasiswa Fisika dan Umum
  • Masyarakat umum

Olimpiade Sains Tingkat SD Se Karesidenan Semarang dan Sekitarnya Olimpiade Sains tingkat SD se-Karisidenan Semarang dan sekitarnya merupakan kegiatan yang bertujuan menggali kemampuan SD di bidang Sains. Materi yang akan dilombakan adalah seluruh materi sains di Sekolah Dasar. Dalam olimpiade ini, diharapkan para siswa tidak hanya berhenti setelah kegiatan ini selesai, namun para finalis akan di bimbing dan akan di ikut sertakan dalam kompetisi olimpiade sains tingkat nasional. Peserta terdiri dari siswa SD kelas 4 - 5. Dalam olimpiade ini, babak penyisihan dilaksanakan di tiga daerah yaitu daerah Demak, Semarang, dan Kendal dan babak final dilaksanakan di Semarang. Babak penyisihan dilaksanakan di masing-masing daerah.

Lomba Cerdas Tangkas Fisika ( LCTF ) Tingkat SMP/MTs se- Jawa Tengah

    Kegiatan lomba ini merupakan salah satu PIF XX diselanggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika FMIPA UNNES sebagai media evaluasi ketangkasan siswa - siswi SMP dalam mempelajari ilmu fisika dan penyeleksi siswa-siswi di wilayah Jawa Tengah yang akan dikirim pada kegiatan serupa untuk tingkat Nasional . Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi SMP se-Jawa Tengah dalam bentuk kelompok atau tim, untuk tiap tim terdiri dari 3 peserta. Dalam olimpiade ini, babak penyisihan dilaksanakan di tiga karisidenan yaitu karisidenan Pati, Semarang, dan Pekalongan. Babak final dilaksanakan di Semarang. Babak penyisihan dilaksanakan di masing-masing daerah.

Lomba Cerdas Cermat Fisika (LCCF) Tingkat SMA/ MA se-Jawa Tengah

    Lomba ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika FMIPA Unnes dan direkomendasikan oleh Departemen Pendidikan Nasional sebagai media penyeleksi siswa di wilayah Jawa Tengah yang akan dikirim ke Olimpiade Fisika SMA tingkat Nasional. Lomba ini dilaksanakan dalam bentuk cerdas cermat fisika yang diikuti oleh siswa SMA/ MA se-Jawa Tengah. Dalam olimpiade ini, babak penyisihan dilaksanakan di tiga karisidenan yaitu karisidenan Pati, Semarang, dan Pekalongan. Babak final dilaksanakan di Semarang. Babak penyisihan dilaksanakan satu tahap di masing-masing daerah, yaitu sebagai berikut.

Seminar Nasional Pendidikan

    Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk seminar yang mengkaji sebuah topik dari ilmu Sains yaitu mengenai pembahasan kurikulum Sains itu sendiri, sehingga diharapkan peserta akan mengetahui kurikulum pengajaran Sains yang efektif sehingga mampu meningkatkan pemahaman kepada pihak guru, siswa, mahasiswa maupun pihak akademis lainnya. Seminar ini diikuti oleh guru, praktisi fisika, mahasiswa, siswa dan masyarakat umum. Adapun tema yang disajikan di dalam seminar adalah, " Pro Kontra Pendidikan Profesi Guru " Seminar ini dilaksanakan pada :
      hari, tanggal : Sabtu, 31 Oktober 2009
      waktu : 09.00 s.d selesai
      tempat : Gedung D4 lantai 3 (Ruang seminar FMIPA UNNES )
    Seminar ini akan menghadirkan tokoh-tokoh yang berkompeten dalam bidang pendidikan, yaitu: Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si (Pembantu Rektor Bidang Akademik UNNES), Prof. Dr. Liliasari, M.Pd (Konsultan Pendidikan).

Untuk Informasi selengkapnya silahkan kunjungi situs Hima Fisika di fisika.unnes.ac.id

Sumber : FMIPA Unnes (27 Agustus 2009)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 11 September 2009

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI