fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 19 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Bimasakti Menelan Galaksi di Dekatnya
-

Bukti baru menyebutkan bahwa sekumpulan bintang yang bernama Arcturus Stream di Bimasakti adalah sisa galaksi sekitar yang habis ditelan oleh Bimasakti kita. Menurut kantor berita ABC, hal itu membuktikan temuan terbesar pertama sejak penelitian galaksi hingga saat ini.

Dr. Quentin Parker dari Anglo-Australian Observatory dan Macquarie University adalah penanggung jawab dalam data riset proyek internasional Radial Velocity Expriment (RAVE), proyek tersebut memakai teleskop Smithzer England yang berbasis di Australia. “Kami sudah membuktikan bahwa gugusan bintang Arcturus yang beredar adalah stream biasa, dengan pola spiral mereka memasuki Bimasakti kita,” jelasnya.

Bimasakti kita, menurut Parker, merupakan sebuah galaksi besar, ia sangat lapar, sehingga menelan galaksi lainnya. “Kita bisa melihat sisa yang ditelannya,” imbuhnya. Dr.Parker menuturkan, proyek internasional RAVE menunjukkan, bahwa gugusan bintang arcturus bergerak di angkasa dengan kecepatan dan arah yang serupa, dan ini membuktikan bahwa mereka pernah menjadi sebuah bagian galaksi yang berkesinambungan.

Hasil survei saat ini telah mengumpulkan 90.000 informasi bintang, data lainnya yang berkaitan dengan 65.000 buah bintang akan dipublikasikan setelah dianalisis.

Sumber : Erabaru

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 5 September 2009

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI