fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 19 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Albert Fert Dan Peter Gruenberg Menangkan Hadiah Nobel Fisika
ap/m23

Albert Fert dari Perancis dan Peter Gruenberg dari Jerman berhasil memenangkan Hadiah Nobel Fisika Selasa atas penemuan mereka tentang "daya tahan dinamo raksasa"., yaitu satu proses yang digunakan oleh jutaan orang pada komputer dan para pemain musik digital.

Teknik yang dikenal sebagai GMR itu telah memperbolehkan industri komputer untuk mengembangkan alat-alat bacaan sensitif bagi informasi yang disimpan dalam hard drives (perangkat keras) pada laptop kecil untuk para pemain video dan musik pribadi yang lengkap dengan keistimewaan-keistimewaannya.

Penerapan dari temuan ini telah merobah teknik-teknik dalam mendapatkan kembali data dari hard disk," demikian kutipan dari isi penghargaan terhadap dua ilmuwan bidang fisika tingkat dunia itu.

"Penemuan itu juga memainkan suatu peran utama dalam berbagai sensor magnit termasuk juga bagi pengembangan suatu generasi elektronik baru."

Dalam kutipan penghargaan itu juga disebutkan bahwa penemuan itu juga dapat dianggap sebagai "salah satu dari penerapan yang real buat pertama kali untuk bidang nanoteknologi yang cukup menjanjikan," demikian tanggapan sebuah Akademi Sains Kerajaan Swadia.

Tahun 1988 Fert dan Gruenberg masing-masing secara bebas menemukan suatu pengaruh bidang fisika yang sama sekali baru, atau yang disebut GMR. Akibat pengaruh itu, berbagai perobahan telah terjadi, yang tadinya hanya berkekuatan lemah namun akhirnya menghasilkan berbagai perobahan yang lebih besar untuk daya tahan listrik.

Penemuan itu mengungkapkan bagaimana informasi yang disimpan secara magnetik dalam suatu hard disk bisa dirobah menjadi sinyal-sinyal listrik yang bisa dibaca komputer.

Sebagai penerima Hadiah Nobel Fisika itu, kedua mereka juga memperoleh hadiah berupa uang tunai sebesar AS$1,5 juta.

Tahun lalu, John C.Mother dan George F. Smoot juga memenangkan hadiah yang sama atas karya mereka dalam meneliti masa pertumbuhan alam semesta. Untuk pemenang Hadiah Nobel Kimia dijadwalkan pengumumannya pada 15 Oktober mendatang. Demikian pula untuk pemenang Hadiah Nobel Perdamaian akan diumumkan di Oslo sementara hadiah Nobel lainnya diumumkan di Stockholm.

Sumber : Waspada (10 October 2007

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 15 Agustus 2009

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI