fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 19 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Indonesia Raih Satu Emas di Olimpiade Fisika
Stevani Elisabeth

Selang satu hari setelah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Indonesia mengukir prestasi di Olimpiade Biologi (IBO) di Jepang, kembali murid Indonesia mengukir prestasi di Olimpiade Fisika atau International Physics Olympiad (IphO) ke-40 di Kota Merida Yucatan, Meksiko. Tim ini berhasil menyabet satu emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Medali emas diraih oleh Fernaldo Richtia Winnerdy dari SMAK BPK Penabur, Gading Serpong, Banten. Sedangkan tiga perak diraih oleh Winson Tanputraman dari SMAK 1 BPK Penabur DKI Jakarta, Dzuhri Radityo Utomo dari SMAN 1 Yogyakarta, dan Andri Pradana dari SMAK 1 BPK Penabur DKI Jakarta. Direktur Pembina SMA Depdiknas, Sungkowo, mengatakan prestasi yang diperoleh siswa Indonesia dalam IphO tahun 2009 ini sedikit mengalami penurunan. Penyebabnya, soal yang disajikan terlalu banyak, sedangkan waktu yang diberikan oleh panitia hanya lima jam. Selain itu, pada IphO tahun ini peserta diperbolehkan menggunakan kalkulator, sedangkan tim Indonesia sudah dilatih untuk tidak menggunakan kalkulator.

“Walau sedikit mengalami penurunan, tetapi saya tetap bangga dengan prestasi yang mereka raih,” ungkapnya, Rabu (22/7). Sebelum bertolak ke Meksiko, para siswa Indonesia tersebut sudah menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, telah divaksin untuk mencegah penularan virus A H1N1, serta dibekali obat-obatan antiviral.

Sumber : Sinar Harapan (23 Juli 2009)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 26 Juli 2009

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI