fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 19 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Ekonofisika untuk Pemecahan Masalah Indonesia
KN/OL-03

Ekonofisika salah satu perspektif untuk memecahkan masalah Indonesia. Perspektif ini dapat memberikan gambaran Indonesia kini dan prediksi Indonesia di masa mendatang dengan menggunakan data dan hasil penelitian interaksi-interaksi antarlembaga ekonomi. Data dianalisis dengan menggunakan teori sistem non linear atau sistem kompleks.

Ekonofisika ini dapat menggambarkan dan memprediksi masalah korupsi, kemiskinan, sistem pemilu yang adil, hutang negara, dan pendidikan. Berdasarkan hasil simulasi perspektif ekonofisika, langkah yang paling efektif mengurangi korupsi bukan menaikkan gaji pegawai hingga sangat tinggi, tetapi efek jera.

"Menghukum pelaku korupsi dengan seberat-beratnya akan menekan korupsi sampai rendah sekali," kata Profesor Yohannes Surya pada acara peluncuran buku Solusi untuk Indonesia Prediksi Ekonofisik/Kompleksitas di Jakarta, Jumat (16/5).

Buku yang ditulis Yohannes dan Hokky Situngkir itu memberikan kontribusi memecahkan persoala apa yang menjadi pergulatan pemikiran dan perasaan sebagai sebuah bangsa yang bercampur aduk dengan pergumulan bersama data, detail komputasi, dan analisis mekanika statistik. Buku ini membahas kompleksitas wajah sains di tepi chaos, wawasan nusantara dalam perspektif kompleksitas, kompleksitas sosiologis, dan kemasyarakatan Indonesia, dan refleksi kini untuk masa depan.

"Buku ini diawali dengan mengetengahkan selintas darmawisata ke ranah sistem kompleks, kajian ekonofisika dan sosiofisika, dan dunia komputasi interdisiplin yang menjanjikan banyak hal untuk implementasi kajian sosial masa depan. Berbagai sendi kehidupan antara lain sistem ekonomi, politik, olah raga, seni dan budaya dibahas dalam buku ini," kata Yohannes.

Hokky mengatakan buku ekonofisika bermotif mengetengahkan sebuah kacamata sains kompleksitas agar makin hari makin memahami diri bangsa Indonesia. "Makin lama makin cinta dengan bumi pertiwi tempat kita lahir. Dengan melihat kompleksitas dari titik persamaan-persamaan dari rumah adat yang beragam, lagu yang beragam, dan motif batik yang beragam, maka akan kita temukan gambaran persoalan dan memprediksi apa yang sebelumnya terjadi dan apa yang akan terjadi. Ekonofisika ini sangat dinamis dan buku ini akan segera usang harus diperbaharui segera," katanya.

Peneliti Senior Institute of Souhteast Asian Studes, Singapura, Aris Ananta mengatakan ekonofisika harus segera diimplementasikan. "Tak perlu lagi banyak berpromosi, segera saja lakukan perbaikan ekonomi dengan menerapkan ekonofisika. Ini bisa salah satu solusi mengatasi masalah ekonomi Indonesia, sebab sendi kehidupan tak terlepas dari fisika. Tapi ekonofisika bukan satu-satunya, tapi harus banyak mempelajari ekonomi," katanya.

Pengurus DPP PDIP Budiman Sudjatmiko yang tampil sebagai pemakalah mengatakan teori kompleks menyuruh untuk berpikir secara horizontal sekaligus vertikal."Kita diminta berpikir dan menganalisis gerak yang dinamik dan non-linear, misalnya melihat gejala meningkatnya angka kemiskinan di kampung berhubungan dengan kenaikan harga bahan pokok yang berkorelasi dengan gejolak harga minyak dunia. Dengan menggunakan ekonfisika persoalan itu dapat digambarkan dan diprediksi apa yang bakal terjadi," katanya.

Sumber : Media Indonesia (16 Mei 2008)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 13 September 2008

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI