fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Selasa, 16 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Uji Coba "Bing Bang" Sukses Dilakukan
Hasyim

Tabrakan antar-partikel terbesar di dunia sukses dilakukan untuk pertama kalinya dalam uji coba penembakan proton di sebuah terowongan sepanjang 17 mil (27 kilometer) antar perbatasan Swiss-Prancis, Rabu.

Setelah dilakukan serangkaian percobaan, dua titik putih terbit dalam layar komputer sekitar pukul 10.36 waktu setempat. "Itu dia," kata pemimpin proyek Lyn Evans setelah uji coba itu dilakukan.

Aksi bersulang champagne tanda suksesnya uji coba ini dilakukan hingga ke Chicago, di mana sejumlah peneliti ikut melakukan pengamatan melalui satelit. Peneliti di seluruh dunia kini memiliki kekuatan yang lebih besar dibanding sebelumnya.

"Uji coba yang sangat baik, saudara-saudara," kata Robert Aymar, direktur jenderal pada Organisasi Eropa untuk Penelitian Nuklir, saat menyaksikan uji coba itu dari ruangan kontrol.

Organisasi ini, yang dikenal dengan akronim Prancis CERN, mulai menembakkan proton--sebuah tipe partikel subatom--ke seluruh terowongan kurang dari satu jam sebelumnya.

Uji coba ini dilakukan dengan menghancurkan sinar partikel secara bersama pada kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya di dalam mesin Large Hardron Collider (LHC), yang tertutup rapat di CERN, untuk menciptakan banyak versi-mini "Big Bang" zaman purba.

Ahli kosmologi mengatakan bahwa ledakan satu objek seukuran koin kecil yang terjadi sekitar 13,7 juta tahun lalu dan mengakibatkan pembentukan bintang, planet --dan akhirnya kehidupan di Bumi.

Tujuan utama uji coba CERN ialah untuk menemukan "Higgs boson", yang namanya diambil dari nama ahli fisika Skotlandia Peter Higgs--yang pada 1964 menunjuk kepada partikel semacam itu sebagai kekuatan yang memberi massa dan membuat alam semesta terbentuk.

Sumber : Suara Karya (11 September 2008)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 11 September 2008

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI