fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 19 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Hawking Bertaruh US$ 100
Nurkhoiri

Ahli fisika paling terkenal saat ini, Stephen Hawking, bertaruh US$ 100 (Rp 930 ribu) bahwa percobaan fisika sangat mahal di Swis-Prancis akan gagal mendapatkan partikel yang dianggap sebagai awal mula awal semesta dalam simulasi Big Bang.

Dalam percobaan yang dilakukan di Large Hadron Collider (LHC) yang dilakukan hari ini di perbatasan Swis-Prancis, partikel sub-atom akan saling ditabrakkan dengan kecepatan mendekati kecepatan suara.

"Menurut perhitungan sekarang, alat ini cukup untuk menemukan partikel Higgs," kata Hawking di radio BBC seperti dikutip AFP. Partikel Higgs yang dimaksud adalah partikel yang dicoba ditemukan dalam percobaan ini.

Hawking menyatakan ia lebih berharap percobaan ini tidak akan menemukan Higgs. "Ini akan memperlihatkan ada sesuatu yang tidak beres dan kita bisa memikirkan kembali," katanya. "Saya sudah bertaruh US$ 100 kalau kita tidak akan menemukan Higgs."

Hari ini proton pertama akan dicoba dipercepat pada alat yang berbentuk cincin dengan lingkaran 27 kilometer yang dikelola Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN).

"Tapi apapun yang dihasilkan LHC, gagal atau sukses, hasilnya bisa mengungkapkan banyak pada kita struktur alam semesta," kata Hawking, ilmuwan berkursi roda yang berbicara dibantu peralatan komputer.

Sumber : Tempo (9 September 2008)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 11 September 2008

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI