fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 19 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Percobaan Ledakan Besar Alam Semesta
-

Salah satu teori terbentuknya alam semesta adalah karena terjadinya ledakan besar atau Big Bang pada 13,7 miliar tahun lalu. Teori itu didasarkan pada hasil pengamatan seorang astronom bernama Edwin Hubble. Nah, pada Rabu (10/9), teori itu diujicoba oleh para ilmuwan. Ujicoba dilakukan dalam sebuah mesin yang diberi nama Large Hadron Collider (LHC).

Large Hadron Collider berupa terowongan raksasa berbentuk lingkaran. LHC berada di daerah perbatasan antara Swiss dan Prancis. Keliling lingkaran LHC sekitar 27 kilometer. LHC ditanam di dalam tanah pada kedalaman 50 sampai 175 meter. Pembuatannya memakan waktu 13 tahun. Serta, melibatkan 5.000 ilmuwan, insinyur dan teknisi dari 36 negara.

Kejutan Alam Semesta

Bagaimana cara menguji LHC? Di dalam LHC, sejumlah sinar partikel ditembakkan dari dua arah yang berlawanan. Kecepatan tembakan itu mendekati kecepatan cahaya. Dengan kecepatan seperti itu, diperkirakan akan tercipta suhu hingga mencapai miliaran derajat Celcius. Nah, ketika sinar partikel dari dua arah itu bertemu, akan terciptalah suatu ledakan besar. Apa yang terjadi setelah ledakan, itulah yang akan diteliti ilmuwan.

Para ilmuwan berharap, hasil percobaan itu memberikan banyak kejutan tentang alam semesta. Kejutan-kejutan itu mungkin ada yang telah diketahui, tetapi mungkin juga yang belum diketahui.

Meskipun demikian, ada pula yang mengkhawatirkan akibat dari percobaan itu. Salah satunya, ledakan itu bisa menjadi pintu bagi masuknya mahluk-mahluk aneh ke Bumi. Begitu laporan dari AFP dan BBC, Rabu (10/9).

Sumber : Berani (11 September 2008)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 11 September 2008

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI