fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Selasa, 16 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Atasi Semburan Lumpur, Unibraw Usul Gunakan Batuan Andesit
bagus suryo

Universitas Brawijaya (Unibraw), Malang, Jawa Timur mengusulkan penggunaan batuan beku atau andesit untuk menyumbat luapan lumpur Lapindo Brantas di Sidoarjo.

Juru bicara Tim Kebumian dan Mitigasi Bencana Unibraw, Nurhadi kepada wartawan, Rabu (23/5) mengatakan pemasukan batuan andesit ini ke pusat semburan lumpur merupakan solusi murah dan efektif.

Sebab, kata dia, batuan beku mudah didapatkan di berbagai daerah di Jatim misalnya Malang, Pasuruan, dan Mojokerto. Sejauh ini pihaknya sudah melakukan survei harga batu yang dimaksud Rp1 juta untuk satu truk. "Harga itu sudah termasuk sortir dan antar hingga lokasi," tegasnya.

Untuk menyumbat luapan lumpur, lanjutnya, minimal dibutuhkan biaya Rp500 juta atau dibutuhkan 500 truk. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, peluang berhasil menutup semburan mencapai 60

Sumber : Media Indonesia (23 Mei 2007)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 6 Juni 2007

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI