fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Minggu, 16 Desember 2018  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Brice Schneier, Pakar Enskripsi Guru Sekuriti
mer

Tidak banyak pengoprek komputer yang sukses sebagai pakar keamanan. Lebih banyak yang hanya menjadikannya sebagai hobi. Beda dengan Brice Schneier, ahli enskripsi komputer yang kini menjadi “guru” di bidang keamanan jaringan. Bahkan kini ia mulai dikenal publik.

Lelaki kelahiran 15 januari 1963 ini sudah banyak memopulerkan teknologi keamanan dalam hidup kesehariannya, mulai dari sistem keamanan bandar udara, mesin pemilihan umum, sampai ke sistem keamanan paspor menggunakan chip radio. Schneier sudah menulis sejumlah buku, esai, dan selalu memperbarui blog-nya dan mengirimkan newsletter melalui email dengan pelanggan sebanyak 125.000 orang dari seantero dunia. Buku-buku lelaki berponi ini menduduki peringkat atas di penjualan buku situs Amazon.

Siapa sesungguhnya Schneier? Profesinya sesungguhnya sama dengan tokoh di buku The Da Vinci Code, yakni seorang ahli kriptografi alias pembaca aikon-aikon. Bedanya, aikon yang diuraikan di sini adalah enskripsi komputer. Ia pendiri sekaligus juga chief technology officer di Counterpane Internet Security. Aslinya Schneier berasal dari New York, tapi saat ini tinggal di Minneapolis, Minnesota bersama istrinya, Karen Cooper. Schneier menggondol gelar Doktor dari American University. Sedangkan gelar Bachelor of Science di bidang fisika diraihnya dari University of Rochester. Sebelum menekuni Counterpane, ia sempat bekerja di Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan Bell Labs.

Ia masih tekun berkutat dengan ilmu kriptografinya. Karyanya yang paling terkenal adalah desain alogaritma kriptografi bertajuk Balok Blowfish, Twofish, dan MacGuffin. Ia juga mengembangkan alogaritma kriptografi Solitaire yang dipakai orang yang tak punya akses ke komputer bernama Pontifex. Schneier menyebut popularitasnya sebagai seorang yang naif, matematis, dan sedikit mirip menara gading yang agak tak terjangkau oleh orang sekitar. Premis-premis dalam kriptografi terapan merupakan teknologi dan alogaritma yang banyak digunakan pada aspek keamanan dan kerahasiaan. Dalam bukunya teranyar yang ditulis bersama Niels Ferguson, Practical Cryptography, ia berusaha menjelaskan bagaimana mengimplementasikan sistem keamanan. Sejauh ini ia cukup mudah dijangkau melalui blog-nya http://www.schneier.com/blog/

Sumber : Sinar Harapan (27 September 2006)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 2 Februari 2007

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI