fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Minggu, 16 Desember 2018  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

CD Pesona Matematika dan Fisika : Membuat Pelajaran Sulit Jadi Mengasyikkan
mer

Para siswa kini tidak perlu lagi takut dengan pelajaran matematika atau fisika. Sebab kedua bidang studi yang kerap jadi momok ini sudah bisa disajikan dengan menyenangkan. Dengan software yang dikemas dalam bentuk compact disc (CD), semua teori dan rumus-rumus matematika yang memusingkan kepala bisa dipaparkan dengan bantuan gambar, animasi, bahkan suara-suara menarik. ”Banyak hal yang tidak bisa dijabarkan dengan alat peraga konvensional yang bisa disimulasikan sehingga siswa tertarik menyimak. Semua hal-hal sulit bisa dipaparkan dengan mudah dan simpel,” jelas Ir.Bambang Yuwono, direktur PT Kuantum Inti Dinamika, produsen CD ini, kepada SH di sela peluncuran CD tersebut di Jakarta, Rabu (30/7).

Sistem belajar dengan melibatkan komputer yang disebut dengan Computer Assisted Instruction (CAI) dan Computer Assisted Learning (CAL) ini memang sudah bukan hal baru lagi. Namun di Indonesia, masih sedikit software khusus yang disesuaikan dengan kurikulum. CD Pesona Matematika merupakan program penjabaran pelajaran matematika sesuai dengan kurikulum bagi Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) kelas 1. Di sini dengan jelas dipaparkan ihwal bilangan, aljabar, persamaan linier satu variabel segitiga, dimensi tiga dan himpunan. Semua tersaji dengan animasi menarik sehingga siswa bisa dengan mudah menangkap apa yang diterangkan guru.

CD yang isinya dirancang oleh pakar matematika Djoko Waliadi ini baru dicetak satu seri dan akan disusul dengan seri berikut untuk kurikulum selanjutnya. Tersedia pula Pesona Matematika untuk kelas 1 Sekolah Menengah Umum (SMU) yang berisi paparan ihwal pangkat rasional dan akar, persamaan kuadrat, trigonometri, logika matematika, dimensi tiga, persamaan linier dan sebagainya.

Sebelumnya, telah diluncurkan pula CD Pesona Fisika yang khusus memuat seluk-beluk pelajaran fisika untuk kelas 1 SLTP yang terdiri dari 10 CD. Di sini pelajaran tentang pengukuran zat, teori partikel, tata surya dan sebagainya tersaji dalam gambar-gambar dan animasi yang tidak kalah dengan software pendidikan buatan luar negeri. Menurut Bambang, CD Pesona Fisika sudah diluncurkan sejak 2001 dan telah didistribusikan ke 175 sekolah di seantero daerah Indonesia. CD Pesona Fisika ini diedit oleh ahli fisika Indonesia, Yohanes Surya.

Bantuan Proyektor

Walaupun berbentuk CD, bukan berarti setiap siswa bisa belajar sendiri. Mereka tetap membutuhkan guru sebagai pendamping. Tidak semua sekolah di Indonesia mampu menyediakan komputer bagi setiap anak. Karena itu CD ini hanya sebagai pelengkap pembelajaran semata. Guru tetap diperlukan untuk memaparkan apa saja yang kurang bisa langsung ditangkap siswa. ”Jadi CD ini akan diputar di satu komputer dan diperbesar dengan proyektor di depan kelas, sehingga bisa dinikmati bersama-sama,” ujar Bambang. Berarti, dalam satu sekolah kebutuhannya bisa dipenuhi hanya dengan satu copy CD saja. Syaratnya, mereka harus memiliki komputer dengan prosesor Intel Pentium IV- 2 GHz dan satu unit Large Screen Proyector 1100 Lumens, SVGA. Namun bagi sekolah yang mampu bisa menyediakan seperangkat server Personal Computer (PC) dan Client dalam jaringan Local Area Network (LAN). Dan tentu saja mereka harus memiliki seri CD ini.

Bambang menuturkan, saat ini memang banyak sekali CD pendidikan yang beredar di masyarakat, namun belum ada yang materinya disesuaikan dengan kurukulum. Terlebih lagi CD tersebut tidak mempunyai jaminan pasti apakah content atau isi materinya bisa dipertanggungjawabkan. Sedangkan CD Pesona Fisika dan Matematika ini, diklaim Bambang, benar-benar ditangani oleh para ahlinya.

Sumber : Sinar Harapan (1 Agustus 2003)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 2 Februari 2007

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI