fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 19 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Sekretaris Alumni Hendra Jhony
Dody Hidayat

Hendra Jhony Kwee tak mau disebut sebagai Sekretaris Alumni TOFI. "Sebenarnya saya bukan sekretaris resmi TOFI. Saya menjalankan peran sebagai hubungan masyarakat. Ini lebih sebagai tanggung jawab sebagai alumni TOFI," kata dia.

Memang, Hendra menjadi alumnus TOFI sejak 1997. Setelah menyelesaikan studinya di ITB pada Februari 2001, ia menjadi pelatih TOFI angkatan 2001 untuk mempersiapkan Olimpiade Fisika Asia (OFA) ke-2 di Taipei, Taiwan, dan Olimpiade Fisika Internasional (OFI) ke-32 di Antalya, Turki.

Di OFA itu, Indonesia meraih emas pertama, berikut satu perak, satu perunggu, dan tiga honorable mention. Sedangkan di OFI 2001, kita meraih dua perak dan tiga perunggu.

Tak berhenti di situ, Hendra juga berperan menyukseskan penyelenggaraan OFI ke-33 di Denpasar, Bali, Juli 2002.

Padahal tepat setahun ia baru berangkat ke Amerika untuk melanjutkan studinya. Di OPI ke-33 itu, tim kita meraih tiga emas, satu perak, dan satu perunggu.

Saat liburan kuliah, Hendra juga khusus datang ke Pohang, Korea Selatan, tahun lalu, sebagai salah satu official tim. Ia juga mendapat kepercayaan Yohanes Surya untuk menjadi leader tim ketika Indonesia menjadi tuan OFA ke-6 di Pekanbaru, Riau, Mei silam.

"Soalnya Pak Yohanes dan Pak Slamet Widodo menjadi panitia penyelenggara sehingga posisi pemimpin tim nasional kosong," Hendra menjelaskan.

Hendra berasal dari SMA Xaverius 1 Palembang, Sumatera Selatan. Ia pernah gagal masuk tim nasional ketika masih duduk di kelas II.

Tak putus asa, tahun berikutnya ia ikut lagi melalui jalur lomba fisika tingkat nasional di Universitas Kristen Indonesia. Karena meraih peringkat pertama, ia otomatis masuk seleksi 30 besar.

Di pelatihan akhir untuk menentukan wakil Indonesia ke Sudbury, Kanada, Hendra masuk dalam tim. Ia menyumbangkan satu honorable mention dari dua perunggu dan satu honorable mention yang diraih TOFI.

Hendra melanjutkan studi di jurusan fisika, kelompok riset teori/komputasi fisika zat padat di College of William and Mary, Amerika. Sekolah ini adalah almamater Yohanes Surya. Dialah yang merekomendasikan Hendra ke sana.

Sumber : Koran Tempo (6 Juli 2005)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 3 Desember 2005

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI