fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Selasa, 16 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Cassini Tampilkan Keelokan Cincin Saturnus
AP/wsn

Wahana ruang angkasa Cassini telah mengirimkan foto Saturnus dalam warna aslinya, yang memperlihatkan cincin-cincin planet itu dengan keindahan menakjubkan. Dalam foto yang dipublikasikan Kamis (22/7), tampak bayangan-bayangan berwarna merah muda, abu-abu, cokelat muda, dan putih menghiasi cincin.

Foto yang ditayangkan kemarin sebenarnya diambil oleh Cassini tanggal 21 Juni lalu, beberapa hari sebelum wahana tersebut memasuki orbit Saturnus. Foto diambil pada jarak sekitar 6,5 juta kilometer dari rangkaian cincin.

Dalam foto terlihat cincin-cincin itu sebagian besar terdiri dari es, yang warnanya putih bila pembentuknya murni es. Para ilmuwan di Laboratorium Propulsi Jet NASA, Pasadena, yakin adanya warna-warna berbeda selain putih disebabkan adanya material lain di cincin, seperti batuan dan senyawa karbon.

Gambar detail cincin dalam jarak dekat pernah pula dikirim ke Bumi setelah Cassini memasuki orbit planet pada tanggal 30 Juni namun masih dalam bentuk hitam-putih. Foto cincin lain yang menggunakan sinar infra merah pernah juga dipublikasikan.

Perlu diketahui, cincin-cincin utama Saturnus dikenal dengan cincin A hingga cincin G, walau urutannya tidak alfabetis. Nah, cincin yang paling terang dalam foto terbaru ini adalah cincin B, yang lebarnya sekitar 25.000 kilometer dan memiliki pita-pita berwarna pasir. Variasi warna cincin Saturnus pernah pula ditangkap oleh teleskop ruang angkasa Hubble dan wahana ruang angkasa Voyager yang melintasi Saturnus tahun 1980 dan 1981. Namun warna-warna yang ditampilkan kamera Cassini jauh lebih jelas.

Cassini adalah wahana ruang angkasa pertama yang misinya adalah mengorbit Saturnus. Misi senilai 3,3 milyar dollar AS ini merupakan hasil kerjasama NASA dengan Badan Antariksa Eropa dan Italia. Keterangan lebih rinci mengenai misi bisa dilihat di http://saturn.jpl.nasa.gov.

Sumber : Kompas (23 Juli 2004)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 24 Maret 2005

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI