fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 19 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Subang Genjot Peningkatan IPM
A-86

Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Kutawaringin Subang, mendambakan berdirinya suatu universitas di Kabupaten Subang. Pasalnya, lewat lembaga pendidikan setingkat universitas memacu untuk meningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) Kab. Subang, yang sekarang tengah berusaha digenjot.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STT Kutawaringin, Dedy Rohendi yang didampingi Dedi Supriadi mengatakan, pembentukan unversitas di Subang bukan untuk gagah-gagahan. Tapi rangka mendorong masyarakat, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Berkaitan dengan sejumlah kegiatan yang berlangsung di kampus STT Kutawaringin, Dedi mengatakan, telah melaksanakan kegiatan pra olimpiade Fisika antar SMA dan SMK, yang telah diikuti oleh 67 peserta. Ini merupakan hasil seleksi dari masing-masing sekolah, yang mengikuti kegiatan tersebut.

Ia juga menjelaskan, perguruan tinggi yang berdiri sejak tahun 1997 ini telah melahirkan 3 angkatan, bahkan dalam waktu dekat angkatan yang ke-4 akan segera diwisuda. "Kegiatan di luar akademik seperti menyelenggarakan olahraga yang dilaksanakan secara rutin, kemudian kegiatan kerohanian yang dikuti oleh para mahasiswa.

Kegiatan itu dilakukan, karena selama ini IPM dalam bidang pendidikan di Subang masih sangat rendah, jika dibandingkan dengan daerah lainnya jauh ketinggalan. Selain itu agar mereka (pelajar) agar lebih leluasa lagi, serta mempunyai pengalaman unntuk maju dalam rangka mengikuti olimpiade fisika ditingkat nasional.

"Untuk ke depan kegiatan seperti ini rencananya akan lebih ditingkatkan lagi, bahkan bukan hanya dibidang fisika saja tetapi dari mulai matematika, biologi, kimia dan fisika," katanya. Pihaknya mengharapkan, adanya perhatian dari Pemkab Subang khususnya di bidang pendidikan. Pasalnya selama ini kegiatan dibidang tersebut jarang sekali diadakan, bahkan sebagian besar hanya acara seremonial dan hiburan.

"Mudah-mudahan dengan telah digelarnya kegiatan pra olimpiade fisika membuat IPM di bidang pendidikan khususnya di Kab. Subang. ada peningkatan. Juga disertai adanya dukungan dari pemda setempat," ujarnya.

Sumber : Pikiran Rakyat (21 Februari 2005)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 22 Maret 2005

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI