fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Selasa, 16 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Julius Robert Oppenheimer, Bapak Bom Atom
Roni Dahroni (Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UPI )

JULIUS Robert Oppenheimer dilahirkan pada tanggal 22 April 1904 di Kota New York, Amerika Serikat. Semasa hidupnya dia dikenal sebagai seorang ahli fisika dan penasihat pemerintah AS. Dia adalah lulusan dari universitas yang cukup terkenal yaitu Harvard University, The Universities of Cambridge, AS dan the University of Gottingen, Jerman sampai mendapat gelar Ph.D. pada tahun 1925.

Pada kurun waktu tahun 1928 - 1929, dia bekerja pada International Education Board (Lembaga Pendidikan Internasional). Kemudian dia menjadi guru besar (profesor) dalam bidang Fisika di University of California dan California Institute of Technology selama kurang lebih 18 tahun, yaitu antara tahun 1929 - 1947. Waktu itu ia terlibat dalam pengembangan berbagai sekolah yang mempelajari teori-teori fisika. Selain itu, dia juga tercatat sebagai salah seorang ilmuwan yang ikut andil dalam munculnya sejumlah teori fisika, diantaranya teori kuantum, teori relativitas, teori sinar kosmik dan teori bintang neutron.

Pada kurun waktu tahun 1943 - 1945, Oppenheimer terlibat dalam projek Manhattan bersama Brigadir Jenderal Leslie R. Groves, seorang pejabat militer yang bertanggung jawab terhadap projek tersebut. Projek ini merupakan projek pembuatan bom atom yang pertama oleh Amerika Serikat, di mana hasil dari proyek ini digunakan untuk meluluhlantakkan Kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang pada Perang Dunia II.

Groves pernah mengatakan suatu hal tentang Oppenheimer, "Dia itu seorang yang genius. Seorang yang betul-betul genius. Kenapa? Karena Oppenheimer mengetahui segala hal. Dia bisa berbicara kepada kita tentang segala hal yang kita sebutkan. Tapi tidak semuanya. Menurut saya ada beberapa hal yang tidak dia ketahui. Dia tidak tahu sedikit pun tentang olah raga."

Sempat dicopot

Dalam projek Manhattan, Oppenheimer ditunjuk sebagai direktur projek. Projek Manhattan dilakukan di kota Los Alamos, New Meksiko. Karena keterampilannya dalam memimpin dan mengelola projek tersebut, dia dianugerahi Presidential Medal of Merit pada tahun 1946. Di akhir usianya, Oppenheimer sempat menjadi direktur di Institute for Advanced Studies di daerah Princeton, negara bagian New Jersey, sebelum akhirnya meninggal dunia tahun 1967. Dia juga sempat menjadi ketua dari the General Advisory Committee of the Atomic Energy Commission (AEC) dari tahun 1947 sampai tahun 1952, setelah itu dia menjadi penasihat lembaga tersebut.

Selama Perang Dunia II berlangsung, Oppenheimer memimpin US Atomic Energy Commission. Pada tanggal 21 Desember 1953, seiring dengan meningkatnya sentimen terhadap kaum komunis di Amerika Srikat, Oppenheimer dituduh telah berhubungan dengan komunis dan menunda pemeriksaan terhadap beberapa agen Soviet, serta menentang program pengembangan bom hidrogen Amerika. Meskipun tidak ditemukan motif pengkhianatan pada diri Oppenheimer, akses keamanannya tetap dicabut dan jabatannya sebagai penasihat pada lembaga AEC dicopot.

Pada giliran selanjutnya, karena tidak terbukti bersalah, berbagai upaya dilakukan untuk mengembalikan nama baik Oppenheimer. Pada tahun 1963, AEC melalui Presiden Lyndon B. Johnson menganugerahkan penghargaan tertinggi kepadanya, yaitu Enrico Fermi Award, salah satu penghargaan tertua dan paling bergengsi yang diberikan oleh Pemerintah AS kepada para ilmuwan yang memiliki prestasi dan jasa dalam pengembangan, pemanfaatan, atau menghasilkan energi (secara umum termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi dan bidang nuklir, atom, molekul, serta berbagai interaksi dan efek dari partikel-partikelnya).

Oppenheimer pensiun dari pekerjaannya pada tahun 1966 dan menghabiskan tahun-tahun terakhirnya dengan mempelajari hubungan antara ilmu pengetahuan dan masyarakat. Dia meninggal dunia pada tanggal 18 Pebruari 1967 di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat karena penyakit kanker kerongkongan. Di antara tulisannya adalah Science and the Common Understanding (1954) dan Lectures on Electrodynamics (diterbitkan sepeninggalnya tahun 1970).(Berbagai sumber)***

Sumber : Pikiran Rakyat (28 Oktober 2004)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 17 Maret 2005

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI