fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Jumat, 19 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Setelah Setahun, Rover Mars Masih Bekerja
AFP/AP/cnn.com/space.com/wsn

Berada di atas bukit sebuah planet asing jutaan kilometer dari tempat asalnya, rover Spirit milik NASA merayakan satu tahun hari pendaratannya di Planet Mars, Senin kemarin (3/1).

Rover beroda enam itu datang dari Bumi menempuh jarak jutaan kilometer sebelum diterjunkan ke atmosfer planet merah menggunakan parasut. Sesaat sebelum mendarat di Gusev Crater 3 Januari setahun lalu, bantalan udara pada perisai pendarat rover dibuka agar rover mendarat empuk.

Bersama kembarannya yang mendarat tiga minggu kemudian, Spirit telah menjalankan tugas lebih dari empat kali masa kerjanya yang seharusnya hanya 90 hari. "Perpanjangan tugas ini memungkinkan kedua rover mengunjungi titik-titik lain di Mars dan melakukan berbagai penelitian dan penemuan," ujar pernyataan yang dikeluarkan Laboratorium Propulsi Jet NASA hari Selasa (4/1).

"Kedua rover secara tidak terduga masih berada dalam kondisi baik untuk usianya yang sudah uzur," kata manager proyek rover JPL, Jim Erickson. "Kedua rover berhasil melewati musim dingin Mars yang berat dan kini musim semi telah tiba. Keduanya berada dalam kondisi kuat untuk melakukan eksplorasi, meski kami tidak berani memberi jaminan kesuksesannya."

Untuk merayakan keberhasilan misi, NASA menyelenggarakan berbagai program sehari penuh, memberikan tayangan TV mengenai program penjelajahan Mars, memberikan konferensi pers, bahkan memotong kue ulang tahun bagi rover mereka.

Sementara itu, Spirit masih mengirimkan data dari Columbia Hills, suatu wilayah perbukitan sekitar 3,2 kilometer dari lokasi pendaratannya di Gusev Crater. Penelitian terhadap bukit ini memberikan lebih banyak bukti mengenai keberadaan air di Mars pada masa lalu.

Sedangkan di belahan lain planet, tepatnya di dataran Meridiani Planum, Opportunity, rover kembaran Spirit, sedang meneliti perisai penahan panasnya yang dahulu digunakan untuk melindungi rover saat mendarat. Opportunity lebih dahulu memperoleh bukti keberadaan air di Mars, dan hingga sekarang masih dipakai untuk menyelidiki kondisi planet tersebut.

Bersama-sama, kedua rover telah mengirimkan lebih dari 62.000 foto dan 86 gigabits data ilmiah ke Bumi. Menurut Steve Squyres, peneliti utama dalam proyek Mars Exploration Rover (MER), kedua rover adalah mesin yang benar-benar tangguh. "Sangguh menakjubkan bagaimana mereka bekerja," katanya. "Spirit adalah robot pekerja keras yang tangguh yang tubuhnya kini lecet-lecet dan berdebu, sedangkan Opportunity masih tampak seolah baru keluar dari ruangan showroom, bersih dan cantik."

Sumber : Kompas (4 Januari 2005)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 16 Maret 2005

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI