fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Selasa, 16 Agustus 2022  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Setan Debu Berikan Tenaga pada Rover Mars
space.com/marsrovers.jpl.nasa.gov/wsn

Rover penjelajah Mars Spirit mendapatkan tenaga baru setelah angin planet merah berhembus di tubuhnya. Rover yang sedang berada di Columbia Hills, perbukitan di sekitar Gusev Crater (lokasi pendaratan Spirit) itu diterpa angin Mars yang dikenal sebagai dust devil - setan debu. Untungnya hembusan sang setan ini justru membersihkan panel surya wahana sehingga ia bisa menyerap lebih banyak energi dari Matahari.

Para insinyur pengendali misi melaporkan bahwa petunjuk tenaga rover langsung melonjak hampir setinggi level ketika rover mendarat di Mars setahun lalu.

Sebelumnya para ilmuwan sempat menyadari ada sesuatu yang aneh di Gusev ketika jejak roda Spirit menghilang dari tanah yang dipijaknya. Kamera pada rover yang diarahkan ke bawah juga tidak melihat jejak itu. Mereka kemudian menyimpulkan daerah itu baru saja kedatangan setan debu.

Pada awal peristiwa, energi rover melorot dengan cepat. Karena tingkat energinya turun, para ilmuwan berniat menghentikan pekerjaan yang sedang dilakukan rover. Namun tiba-tiba terjadi lonjakan energi amat tinggi. Kenaikan itu, diduga para ilmuwan, sebagai akibat lewatnya angin tepat pada tubuh rover yang membersihkan debu di atas panel suryanya.

"Begitu panel surya bersih, energi Matahari segera tersedot," kata anggota tim peneliti rover, Larry Crumpler. "Panel itu dibersihkan oleh setan debu yang memang membuat wilayah Gusev seolah hidup."

Foto yang kemudian diambil memperlihatkan panel-panel gelap yang bersih, sedangkan di beberapa bagian ujung rover terlihat sisa-sisa debu yang masih menempel.

Awal bulan ini, pimpinan peneliti misi Mars Exploration Rover, Steve Squyres dari Cornell University, mengatakan bahwa tenaga Spirit yang digunakan untuk mengambil foto mengalami penurunan. Ia tidak berani berharap pada "pembersihan ajaib" yang beberapa bulan lalu dialami Opportunity, kembaran Spirit yang berada di belahan lain planet.

"Namun bila itu yang terjadi, saya akan memanfaatkannya," ujar Squyres. "Kami hanya mempersiapkan diri untuk kondisi terburuk, yakni kemungkinan panel-panel surya akan tetap kotor dan bahkan makin kotor."

Adapun penyebab bersihnya panel surya Opportunity di Meridiani Planum masih menjadi teka-teki hingga sekarang. "Angin sepertinya memiliki peran dalam tingkat tertentu. Suhu yang dingin mungkin membantu, karena bisa membekukan debu. Tapi kami tidak mengetahuinya secara pasti," ujar Squyres.

Sumber : Kompas (16 Maret 2005)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 16 Maret 2005

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2022 LIPI